Bukan cuma pakai lemon, ini trik atasi flek hitam bekas jerawat dengan tambahan 1 jenis bahan dapur

Bukan cuma pakai lemon, ini trik atasi flek hitam bekas jerawat dengan tambahan 1 jenis bahan dapur

Brilio.net - Permasalahan jerawat tak hanya terbatas pada saat jerawat meradang saja, namun flek hitam bekas jerawat juga merupakan masalah kulit yang cukup meresahkan. Kondisi ini disebut dengan hiperpigmentasi pascainflamasi. Masalah kulit ini akan membuat wajah jadi penuh noda hitam dan membuatnya tidak mulus.

Biasanya, bekas ini bisa terjadi karena jerawat sengaja dipecahkan sebelum matang atau mengalami radang. Peradangan jerawat dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel keratinosit basal yang merupakan bagian dari struktur kulit manusia. Sehingga, tubuh akan memproduksi melanin secara berlebihan yang dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit.

Sebenarnya flek hitam bekas jerawat tersebut biasanya akan hilang dalam 6-12 bulan jika tidak diobati. Namun bagi beberapa orang kondisi ini akan membuatnya tidak percaya diri, terutama bagi kaum hawa. Sehingga banyak orang mencari cara untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan berbagai cara.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bukan cuma pakai lemon, karena pemilik akun TikTok @mindbodyandsoulwellness pada 7 Oktober 2021, juga menambahkan bahan lain yaitu 1 jenis bahan dapur, yakni madu.

"Dark Spot Acne Mask (Masker Bintik Hitam Jerawat)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @mindbodyandsoulwellness, Senin (16/10).

Atasi flek hitam bekas jerawat dengan tambahan 1 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

STORIES