Bukan cuma madu, ini trik hempaskan wajah kusam dan kotor pakai 1 jenis sayuran

Bukan cuma madu, ini trik hempaskan wajah kusam dan kotor pakai 1 jenis sayuran

Brilio.net - Istilah wajah kusam pada dasarnya merujuk pada kondisi kulit yang kehilangan kilau alaminya, sehingga terlihat tidak cerah. Munculnya kulit kusam merupakan hasil gabungan dari penumpukan kotoran yang menempel dari luar kulit serta proses produksi melanin (pigmen warna) berlebih yang terjadi di dalam lapisan kulit. Kedua proses ini yang kemudian membuat kulit terlihat kotor dan tak enak dipandang.

Salah satu faktor umum yang dapat menyebabkan masalah di atas adalah paparan terus-menerus dari polusi dan sinar UV matahari. Hal ini dikarenakan sinar ultraviolet (UV) memiliki salah satu gelombang sinar bernama UVB yang dapat mengakibatkan peningkatan produksi melanin dan rasa terbakar pada kulit.

Selain itu, menempelnya polusi dan debu setelah beraktivitas sehari-hari juga dapat merusak sel-sel kulit sehingga memicu meningkatnya produksi melanin, membuat kulit terlihat kusam dan menggelap dalam prosesnya.

Eits, namun begitu, kamu nggak perlu bingung untuk mengatasi masalah di atas. Pasalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif, selain menggunakan kebanyakan skincare komersil di luar sana. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran wortel dengan madu, minyak zaitun, dan lemon. Cara ini ditunjukkan pemilik akun Instagram @get_beauty_glow_everyday, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (18/10).

kusam dan kotor  Instagram

foto: freepik.com

Wortel adalah sayuran yang mengandung beragam vitamin penting. Komponen beta karoten dalam wortel membantu merangsang regenerasi kulit dan melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C dan vitamin E dalam wortel membantu mencerahkan noda pigmentasi dan meningkatkan sirkulasi darah di wajah, sehingga mempercepat pemulihan dari kulit yang kusam menjadi cerah kembali.

(brl/jad)

tags

STORIES