Bantu ratakan warna kulit, begini cara menghilangkan panu membandel pakai masker dari 1 jenis rempah

Bantu ratakan warna kulit, begini cara menghilangkan panu membandel pakai masker dari 1 jenis rempah

Brilio.net - Masalah kulit yang cukup umum dialami oleh kebanyakan orang adalah panu. Panu adalah penyakit berupa bercak berwarna putih yang muncul di permukaan kulit. Kondisi ini cukup mengganggu penampilan dan memengaruhi kepercayaan diri. Panu disebabkan oleh jamur Malassezia furfur yang secara alami hidup di kulit kamu. Akan tetapi, jamur penyebab panu tersebut tumbuh berlebih hingga menyebabkan infeksi.

Infeksi jamur ini mengganggu pigmentasi normal kulit sehingga menghasilkan bercak-bercak pada kulit yang mungkin lebih terang atau lebih gelap, daripada kulit di sekitarnya. Panu tidaklah menular, dan dapat terjadi pada semua orang.

Panu bisa muncul bila kulit berminyak, mengeluarkan banyak keringat, sistem kekebalan tubuh melemah, dan kamu tinggal di iklim panas. Panu seringkali membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri karena umumnya terlihat dengan jelas di kulit.

Tanda-tanda munculnya panu adalah timbulnya bercak-bercak putih pada kulit disertai dengan rasa gatal-gatal. Warna bercaknya tidak selalu putih, tetapi bisa berwarna cokelat, merah, hitam tergantung pada warna kulit penderita. Tak hanya itu, kamu pun bisa merasa tak nyaman, karena orang lain menganggap kebiasaan yang jorok, sebagai penyebabnya.

Karena hal itu lah banyak orang melakukan cara menghilangkan panu dengan menggunakan obat jamur yang bisa didapatkan di toko obat. Namun, alangkah baiknya jika menggunakan cara alami untuk menghilangkannya. Selain mudah, ini merupakan cara dengan risiko efek samping yang sangat minim.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @rythaa14 pada 6 April 2022 lalu. Video unggahan tersebut berisi tentang cara menghilangkan panu membandel pakai masker dari 1 jenis rempah. Rempah yang dimaksud adalah lengkuas. Tak hanya lengkuas, karena ia juga menambahkan garam serta air.

Cara menghilangkan panu membandel pakai masker dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Lengkuas adalah salah satu bahan alami yang dapat diolah menjadi obat untuk pengidap panu. Kandungan dari lengkuas yang terdiri dari natrium, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, lengkuas juga mengandung senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid. Ketiga senyawa tersebut dapat mengatasi bakteri serta jamur dengan cepat.

Sedangkan, garam juga bermanfaat untuk mengurangi kelembapan di area sekitar panu. Kedua bahan alami ini adalah salah satu pilihan kombinasi bahan yang dapat membantu kamu menghilangkan panu. Kandungan bahan aktif dalam lengkuas ini akan membuat kamu bebas dari panu.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES