9 Obat panu untuk wajah, bisa pakai bahan alami

9 Obat panu untuk wajah, bisa pakai bahan alami

Brilio.net - Memiliki kulit wajah yang sehat tentunya dambaan setiap orang. Namun ada saja masalah kulit kulit yang dialami, salah satunya adalah panu. Panu sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur malassezia. Panu biasanya muncul di beberapa area tubuh seperti wajah, kaki, perut, dada, leher, atau lengan. Biasanya panu muncul di area tubuh yang mudah berkeringat dan berminyak sehingga jamur mudah berkembang.

Munculnya jamur sendiri ditandai dengan munculnya bercak putih, merah, coklat, atau hitam yang disertai dengan rasa gatal pada kulit penderitanya. Meskipun tidak berbahaya, namun jamur bisa menyebar ke beberapa area tubuh dan bahkan bisa melebar seiring berjalannya waktu dengan rasa gatal yang semakin parah.

Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi masalah panu. Mulai dari menggunakan obat yang dijual di apotek hingga menggunakan bahan alami. Kalau kamu memiliki kulit sensitif, disarankan menggunakan bahan alami untuk mengatasi panu.

Lantas apa saja obat panu untuk wajah dengan bahan alami? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Senin (11/4).

1. Bawang putih

Obat panu untuk wajah

foto: Freepik/racool_studio

Obat panu untuk wajah yang pertama adalah dengan bawang putih. Bawang putih diperkaya dengan kandungan senyawa aktif yang dapat membunuh jamur dan kuman di wajah.

Kami bisa memanfaatkan bawang putih caranya dengan ambil satu siung bawang putih kemudian potong menjadi dua bagian. Oleskan ke area wajah yang terdapat panu. Bila kulit memerah dan perih, itu salah satu efek dari penggunaan bawang putih. Lakukan hingga tiga kali tahap. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

2. Jeruk nipis

Obat panu untuk wajah

foto: Freepik/racool_studio

Selain itu kamu bisa menggunakan jeruk nipis sebagai obat panu untuk wajah. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang bagus untuk kulit. Kamu bisa menambahkan belerang ke dalam ramuan itu. Kandungan mineral pada belerang dipercaya ampuh dapat membunuh jamur dan kuman membandel.

Caranya dengan haluskan belerang secukupnya dan campurkan dengan jeruk nipis. Aduk kedua bahan dan oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

3. Cuka apel

Obat panu untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Cuka apel mengandung antimikroba yang bagus untuk mengatasi masalah infeksi jamur pada kulit. Selain itu cuka apel juga bisa untuk mengobati jamur. Caranya sangat mudah, kamu cukup oleskan cuka apel ke wajah menggunakan kapas, lalu diamkan hingga mengering dan bilas dengan air biasa. perawatan ini bisa dilakukan secara rutin hingga panu hilang di wajah.

4. Yoghurt

Obat panu untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Yoghurt salah satu jenis campuran makanan yang terbuat dari fermentasi susu. Yoghurt biasanya dikonsumsi dengan campuran buah atau bisa dikonsumsi langsung. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari yoghurt, salah satunya adalah dapat mengatasi panu.

Di dalam yoghurt terdapat kandungan probiotik yang merupakan senyawa penting untuk membunuh bakteri dan kuman pada kulit. Selain itu, probiotik ini dapat membantu menghentikan pertumbuhan jamur.

Caranya dengan oleskan yoghurt plain dalam keadaan dingin ke wajah yang terdapat panu. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

5. Kunyit

Obat panu untuk wajah

foto: Freepik/stockimagefactory

Siapa yang tidak tahu kunyit? Rempah khas Indonesia sering kamu temukan dalam masakan di beberapa daerah. Selain rasanya yang khas, kunyit dapat memberi warna kuning alami yang membuat warna makanan lebih menarik. Kunyit ternyata memiliki banyak manfaat lho untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kunyit kerap dijadikan sebagai bahan alami dalam skincare.

Kunyit ternyata juga bagus untuk mengatasi berbagai masalah di kulit, salah satunya sebagai obat panu untuk wajah. Sifat anti inflamasi pada kunyit berguna untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab panu.

Kamu bisa memanfaatkan kunyit dengan menyiapkan satu sendok kunyit bubuk kemudian tambahkan sedikit air. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air biasa.

(brl/lak)

tags

STORIES