Auto mulus dan bebas retak, begini cara atasi tumit kering dengan 2 bahan alami

Auto mulus dan bebas retak, begini cara atasi tumit kering dengan 2 bahan alami

Pisang merupakan buah super yang mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, C, B6, E, kalium, dan potassium. Kandungan potassium dalam pisang membantu menjaga kelembapan kulit sehingga dapat menghindari tumit pecah-pecah akibat kering. Sementara itu, vitamin C pada pisang berperan dalam memperkuat kulit dan meningkatkan produksi kolagen sehingga secara aktif membantu menjaga elastisitas kulit.

mulus dan bebas retak  Instagram

foto: freepik.com

Selanjutnya ada yogurt. Makanan yang berasal dari susu hasil fermentasi ini rupanya memiliki manfaat yang signifikan dalam perawatan kulit. Yogurt mengandung asam laktat, sebuah kandungan yang mampu membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Selain itu, asam laktat juga berperan aktif dalam menjaga kelembapan alami pada kulit.

mulus dan bebas retak  Instagram

foto: freepik.com

Kemudian, gula bisa menjadi pilihan yang baik sebagai bahan eksfoliasi alami. Gula memiliki tekstur yang lembut dan bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menghalangi regenerasi kulit baru. Penggunaan gula sebagai bahan eksfoliasi ini menjadikan kulit tumit menjadi lebih halus.

Nah, seluruh manfaat di atas bisa kamu dapatkan dengan cara menggabungkan mereka untuk dijadikan masker bagi kaki untuk mengatasi permasalahan pada tumit tadi. Cara pengerjaannya pun cukup simpel dan tidak memakan waktu lama kok.

Alat dan bahan:

1. 2 Buah pisang
2. 1 Buah garpu
3. 2-3 Sendok makan yogurt
4. 1 Sendok makan gula
5. Plastik bungkus makanan ukuran besar (jika bisa, gunakan plastik dengan ziplock)
6. 1 Mangkuk bersih

Langkah pengerjaan:

mulus dan bebas retak  Instagram

foto: Instagram/@mynykaa

1. Ambil 2 pisang matang dan haluskan dengan garpu hingga menjadi pasta.
2. Campurkan 2-3 sendok makan yogurt tanpa gula ke dalam pasta pisang.
3. Tambahkan 1 sendok makan gula dan aduk hingga merata.

mulus dan bebas retak  Instagram

foto: Instagram/@mynykaa

4. Setelah diaduk hingga rata, bagi 2-lah campuran tersebut dan tuangkan ke dalam plastik zip lock. Masukkan kaki kamu yang telah dibersihkan ke dalam plastik tersebut setelahnya.
5. Biarkan campuran tersebut meresap ke dalam kulit tumit kaki selama sekitar 15 hingga 20 menit.
6. Apabila telah mencapai waktunya, bilas dengan air hangat dan keringkan tumit kaki dengan lembut menggunakan handuk bersih. Jangan lupa oleskan pelembab atau lotion yang kamu miliki agar tumit kaki tetap terjaga kelembapannya.

(brl/far)

tags

STORIES