Ampuh cerahkan kulit, ini trik membuat lulur untuk hilangkan kusam dengan 3 bahan dapur

Ampuh cerahkan kulit, ini trik membuat lulur untuk hilangkan kusam dengan 3 bahan dapur

Brilio.net - Keinginan memiliki kulit cerah, halus, dan bersih harus diimbangi dengan perawatan rutin. Mungkin saat ini kamu kerap melakukan aktivitas diluar ruangan dan kurangnya perawatan, sehingga kulit rentan kusam dan mengalami hiperpigmentasi.

Kulit kusam adalah kondisi yang ditandai dengan tampilan kulit yang tampak tidak sehat, kurang bercahaya, dan tampak lebih gelap. Selain itu, kulit kusam juga dapat menyebabkan kering dan warnanya tampak lebih gelap dari biasanya.

Kulit kusam bisa disebabkan paparan sinar matahari, polusi, kurang olahraga, pola makan, hingga pola hidup yang kurang baik. Seseorang dengan kondisi kulit ini memang merasa tidak nyaman, dan dapat menurunkan rasa percaya diri.

Sekarang ini banyak sekali cara untuk mengatasi masalah kulit kusam, baik dari bahan alami, produk tertentu, dan juga treatment di klinik kecantikan.

Salah satu yang kerap diandalkan adalah lulur. Fungsinya memang untuk menghaluskan, mencerahkan, dan melembapkan kulit. Selain itu, penggunaan lulur juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam.

Tak perlu membeli produk yang dijual di pasaran, karena kamu bisa lho membuat lulur dari bahan-bahan yang ada di dapurmu. Seperti yang dibagikan pengguna TikTok @mama_bangkal pada (27/7/2020).

Trik membuat lulur untuk hilangkan kusam dengan 3 bahan dapur Berbagai sumber

Trik membuat lulur untuk hilangkan kusam dengan 3 bahan dapur
TikTok/@mama_bangkal

"Cara bikin lulur rumahan yg sangat ampuh mencerahkan kulit," tulisnya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @mama_bangkal, Selasa (28/2).

Dalam video tersebut, pemilik akun membagikan trik membuat lulur untuk hilangkan kusam dengan 3 bahan dapur, beras, kopi bubuk, dan bubuk temulawak.

Beras merupakan salah satu bahan dapur yang mengandung berbagai vitamin dan antioksidan. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengatasi kulit kusam, berjerawat, hingga warna kulit tidak merata. Beras akan meningkatkan pembentukan kolagen di kulit dan menjadikan kulit jadi lebih kenyal dan bercahaya.

Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam beras mampu bekerja untuk mencerahkah kulit. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Sementara kopi bubuk mengandung antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas, sehingga kulit wajah pun menjadi sehat dan cerah. Bahkan kandungan asam pada kopi juga dapat mengangkat sel kulit mati dan melancarkan aliran darah, tentunya ini juga bisa membuat wajah menjadi cerah.

Begitupun dengan bubuk temulawak, mengandung senyawa yang dikenal dengan kurkuminoid, yang memberikan warna kuning pada rimpang ini.

Trik membuat lulur untuk hilangkan kusam dengan 3 bahan dapur Berbagai sumber

Trik membuat lulur untuk hilangkan kusam dengan 3 bahan dapur
TikTok/@mama_bangkal

Selain pewarna alami, temulawak juga memiliki kandungan minyak atsiri, pati, lemak, protein, selulosa, mineral. Kandungan tersebut yang menjadikan temulawak kaya akan khasiat bagi kesehatan.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, temulawak juga memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membuat kulit yang lebih cerah secara alami. Di mana berkhasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.

Dari kandungan dan manfaat yang sudah disebutkan, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan tersebut sebagai lulur. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak caranya dibawah ini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES