Aman tanpa bahan kimia, ini trik atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah-buahan

Aman tanpa bahan kimia, ini trik atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah-buahan

Brilio.net - Perubahan fisik dan mental terjadi pada tubuh dan kulit wanita yang sedang hamil. Ada wanita yang mengalami perubahan positif seperti kulit lebih bersih dan cerah, tapi ada juga yang mengalami kulit kusam dan lelah. Kondisi ini sebenarnya hal wajar terjadi pada masa kehamilan.

Salah satu penyebab kulit kusam saat hamil adalah melasma atau chloasma. Kondisi ini terjadi karena sel-sel yang menghasilkan pigmen dipengaruhi oleh hormon seks wanita. Hal ini menyebabkan kulit menghasilkan pigmen melanin lebih banyak sehingga kulit wajah tampak lebih gelap.

Paparan sinar matahari juga menjadi penyebab chloasma muncul pada ibu hamil. Hal ini karena sinar ultraviolet dari matahari mendorong melanosit untuk memproduksi melanin. Akibatnya, chloasma dapat berkembang atau malah memperburuk kondisi chloasma yang sudah ada sebelumnya.

Sebenarnya, tidak ada cara mengobati chloasma yang tepat. Kondisi kulit wajah kusam saat hamil ini akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan saat kamu melahirkan atau memasuki masa menyusui. Namun kamu bisa menguranginya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Pasalnya bahan alami jauh lebih aman untuk ibu dan bayi dalam kandungan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Seperti unggahan dari akun TikTok @rockchaeeun pada 12 Februari 2022. Pemilik akun memberikan trik atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah-buahan. Buah yang digunakan adalah timun. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"For pregnant women DIY face mask (DIY masker wajah untuk ibu hamil)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @rockchaeeun, Kamis (21/9).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES