Aman tanpa bahan kimia, ini trik atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah-buahan

Aman tanpa bahan kimia, ini trik atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah-buahan

Brilio.net - Perubahan fisik dan mental terjadi pada tubuh dan kulit wanita yang sedang hamil. Ada wanita yang mengalami perubahan positif seperti kulit lebih bersih dan cerah, tapi ada juga yang mengalami kulit kusam dan lelah. Kondisi ini sebenarnya hal wajar terjadi pada masa kehamilan.

Salah satu penyebab kulit kusam saat hamil adalah melasma atau chloasma. Kondisi ini terjadi karena sel-sel yang menghasilkan pigmen dipengaruhi oleh hormon seks wanita. Hal ini menyebabkan kulit menghasilkan pigmen melanin lebih banyak sehingga kulit wajah tampak lebih gelap.

Paparan sinar matahari juga menjadi penyebab chloasma muncul pada ibu hamil. Hal ini karena sinar ultraviolet dari matahari mendorong melanosit untuk memproduksi melanin. Akibatnya, chloasma dapat berkembang atau malah memperburuk kondisi chloasma yang sudah ada sebelumnya.

Sebenarnya, tidak ada cara mengobati chloasma yang tepat. Kondisi kulit wajah kusam saat hamil ini akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan saat kamu melahirkan atau memasuki masa menyusui. Namun kamu bisa menguranginya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Pasalnya bahan alami jauh lebih aman untuk ibu dan bayi dalam kandungan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Seperti unggahan dari akun TikTok @rockchaeeun pada 12 Februari 2022. Pemilik akun memberikan trik atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah-buahan. Buah yang digunakan adalah timun. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"For pregnant women DIY face mask (DIY masker wajah untuk ibu hamil)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @rockchaeeun, Kamis (21/9).

Atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

Atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah
freepik.com

Timun dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki manfaat kesehatan maupun kecantikan. Kandungan vitamin C dalam timun bisa membantu wajah menjadi lebih cerah dan bebas kusam secara alami. Selain itu, timun pun memiliki kandungan asam caffeic yang membantu menjaga kulit agar tetap lembap dan sehat sekaligus menenangkan kulit. Vitamin C didalamnya juga dapat membantu memudarkan noda hitam.

Untuk memaksimalkan manfaat timun, pemilik akun juga menambahkan madu yang juga memiliki beragam manfaat untuk kulit. Manfaatnya ini berasal dari kandungan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Manfaat masker madu yang pertama adalah dapat membuat kulit jadi lebih lembap.

Adanya antibakteri pada madu dapat menenangkan peradangan kulit wajah dan mengangkat bakteri serta kuman dari kulit. Selain dapat mencerahkan kulit, masker madu juga dapat membantu untuk meratakan warna kulit yang tidak merata.

Atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

Atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah
TikTok/@rockchaeeun

Cukup dengan kedua bahan tersebut kamu dapat membuat masker wajah yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit wajah pada ibu hamil. Bahkan jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang cerah merata, kenyal, dan bebas kusam. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 buah mentimun
2. 1 sendok makan madu
3. Compressed mask atau cotton pads

Atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

Atasi wajah kusam pada ibu hamil pakai 1 jenis buah
TikTok/@rockchaeeun

Cara membuat:

1. Cuci mentimun hingga benar-benar bersih
2. Parut mentimun hingga menjadi halus
3. Tambahkan madu lalu aduk keduanya sampai tercampur merata
4. Masukkan cotton pads atau compressed mask pada masker buatanmu
5. Masukkan kedalam lemari pendingin sampai masker meresap pada compressed mask atau cotton pads
6. Aplikasikan masker pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
7. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih
8. Kamu juga bisa mengaplikasikan cotton pads pada area bawah mata untuk mengatasi kantung mata dan dark circle
9. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang bebas kusam.

@rockchaeeun , , #fyp #beauty #diyfacemask # # # # # # Summer Is for Falling in Love - Sarah Kang & EyeLoveBrandon

(brl/ola)

tags

STORIES