7 Tips menggunakan krim malam agar hasil optimal, jangan lewatkan area leher

7 Tips menggunakan krim malam agar hasil optimal, jangan lewatkan area leher

Brilio.net - Demi memiliki wajah glowing sempurna, tentu harus melalui usaha dan konsistensi memakai skincare. Salah satunya adalah dengan memakai produk kecantikan yang tepat, termasuk krim malam. Krim malam penting untuk menutrisi dan menghidrasi kulit. Selain itu, krim tersebut juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kusam, jerawat, kehitaman, dan flek.

Bagian terbaiknya adalah, krim malam bekerja saat kamu tertidur lelap, baik pada pria maupun wanita. Memilih krim malam, tentunya tak boleh sembarang. Harus tahu jenis kulit, kebutuhan kulit, serta daftar bahan yang terkandung dalam krim tersebut. Jika tidak, maka wajah akan berakhir dengan buruk, seperti timbulnya jerawat.

Jika kulit berminyak, ada baiknya memilih krim malam yang bebas minyak yang mengandung asam alfa hidroksi atau asam beta hidroksil. Namun, apabila jenis kulitnya kering, pilih krim malam yang berbentuk kental yang sesuai dengan jenis kulit.

Pada usia 20 tahun, krim malam yang dipakai harus mengandung bahan-bahan alami seperti lidah buaya, madu dan minyak esensial. Jika berusia 30 tahun, carilah krim malam yang memiliki bahan aktif seperti kolagen, asam amino, ceramide dan retinol, yang kaya akan anti-oksidan.

Ketika kamu berusia 40 tahun, berinvestasilah dalam krim malam yang memiliki kandungan seperti peptida, retinol, lipid panthenol, kolagen, minyak esensial, ceremides, ekstrak kedelai dan vitamin. Itu biasanya mampu melawan bengkak pada wajah, keriput dan pigmentasi. Di usia 50 dan 60, penting bagi wajah untuk mendapatkan krim malam ekstra yang dibuat khusus untuk kulit tua dan dewasa.

Agar hasilnya optimal, krim malam sebaiknya tidak dipakai sembarangan. Kendati demikian, tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui tips memakai krim malam yang benar. Nah, jika kamu salah satunya, yuk simak 7 tips menggunakan krim malam agar hasil optimal berikut ini, seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/12).

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.

Tips menggunakan krim malam agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Hal yang harus diperhatikan di langkah pertama, yakni membersihkan wajah. Ada baiknya, menggunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, lakukan double cleansing untuk mendapatkan hasil yang maksimal, agar kotoran yang ada menyangkut di pori-pori bisa terangkat dengan baik.

Kamu bisa membersihkan wajah menggunakan kapas yang telah dibalurkan micellar water, milk cleanser, atau bahan pembersih jenis lainnya. Setelah itu, lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Bilas hingga bersih, dan keringkan dengan menepuk-nepuk lembut wajah kamu.

2. Gunakan toner.

Tips menggunakan krim malam agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Setelah memastikan wajah benar-benar bersih dan sudah kering, jangan langsung mengaplikasikan krim malam pada wajah. Tapi, pakailah toner terlebih dahulu, guna membersihkan wajah lebih maksimal lagi. Hal ini dilakukan agar ketika krim wajah digunakan dapat menyerap dengan baik ke dalam kulit.

Selain itu, toner juga memiliki kandungan yang dapat melembapkan wajah, karena biasanya setelah mencuci wajah, kelembapan wajah akan berkurang. Fungsi toner adalah menyeimbangkan kadar pH kulit, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah jerawat. Pastikan kamu menggunakan toner dengan kandungan zat aktif yang tepat. Dengan demikian hasil yang didapatkan bisa lebih optimal.

3. Pakai serum.

Tips menggunakan krim malam agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Tak hanya toner saja yang dapat melembapkan wajah, tapi serum juga mampu memberikan kelembapan di wajah. Serum juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit sera membantu jaga kulit tetap terhidrasi, melindungi kulit dari kerusakan cahaya matahari, dan yang pasti pemakaian serum juga membantu meremajakan kulit wajah, jadi tidak ada salahnya untuk memakai serum terlebih dahulu.

Tingkat kekentalan serum biasanya lebih rendah dibandingkan dengan krim malam. Kamu disarankan menggunakan skincare harian dari yang paling cair (ringan) hingga paling kental (lebih padat). Artinya, kamu perlu mendahulukan penggunaan serum, baru kemudian dilanjutkan dengan krim malam.

4. Gunakan secukupnya.

Tips menggunakan krim malam agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Setelah melakukan tahapan serum, tunggu wajah hingga benar-benar kering. Jangan langsung mengaplikasikan krim malam saat wajah baru saja diolesi dengan serum, karena itu membuat hasilnya menjadi kurang maksimal. Kamu bisa menunggu 1-2 menit sampai serum benar-benar meresap.

Setelah itu aplikasikan krim malam dengan tepat ke kulit wajah. Caranya dengan menerapkan metode lima titik menggunakan ujung jari pada dahi, hidung, dagu, dan kedua pipi. Dengan begini, jumlah krim malam yang kamu gunakan tidak terlalu banyak atau sedikit. Hasilnya pun bisa lebih optimal.

5. Ratakan disertai pijatan.

Tips menggunakan krim malam agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Ratakan krim malam ke seluruh area kulit wajah dengan pijatan lembut. Lakukan gerakan ke atas dan memutar ke arah luar. Oleskan krim malam setidaknya sepuluh menit sebelum tidur, mulailah dengan tidur yang tidak terlalu malam agar mendapatkan hasil yang baik.

Idealnya ketika bangun di pagi hari, kulit akan bersinar. Jika kulit malah pecah-pecah, mungkin krim yang digunakan terlalu berat atau terlalu banyak diaplikasikan. Oleh karena itu, pastikan olesan krim malam tidak terlalu tebal, namun merata dan menjangkau seluruh bagian penting di wajah kamu.

6. Hindari bagian tertentu bagi pemilik kulit sensitif.

Tips menggunakan krim malam agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Sebagian krim malam mengandung beberapa zat aktif yang bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Apalagi bagi kamu pemilik kulit sensitif yang rentan mengalami iritasi. Sebaiknya hindari bagian-bagian tertentu di wajahmu. Bagian kulit wajah yang berpotensi menjadi lebih sensitif jika terkena krim malam tersebut, yaitu kelopak mata, lipatan sekitar cuping hidung, dan pinggiran bibir.

7. Jangan lupakan area leher.

Tips menggunakan krim malam agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Perlakukan leher sama seperti wajah kamu. Maka itu, pastikan untuk mengoleskan krim malam di bagian ini juga. Leher bisa menjadi penentu usia kamu yang sebenarnya. Karena kulit leher yang tipis sehingga rentan mengalami keriput dan kendur. Jadi, jagalah bagian tubuh tersebut agar tetap terhidrasi dengan menggunakan semua produk perawatan kulit di area ini juga, termasuk krim malam.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES