7 Cara merawat kuku kaki agar tampak sehat dan tidak mudah rapuh

7 Cara merawat kuku kaki agar tampak sehat dan tidak mudah rapuh

Brilio.net - Kebanyakan orang lebih mengutamakan perawatan kuku jari tangan daripada kuku jari kaki. Padahal, kuku jari kaki juga penting untuk diperhatikan. Kuku kaki memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami gangguan seperti munculnya infeksi jamur. Penyakit ini rentan timbul pada kondisi kaki yang lembap sehingga memudahkan jamur untuk berkembang.

Kuku tersusun dari lapisan protein yang biasa disebut keratin. Protein ini juga terdapat pada susunan helaian rambut. Apabila kekurangan keratin, kuku akan lebih rentan rapuh dan patah. Kondisi ini terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti kuku yang terlalu kering.

Kuku yang terlalu kering bisa diakibatkan karena terlalu sering berkontak langsung dengan berbagai macam sabun yang mengandung zat kimia. Namun, kondisi kuku yang lembap juga bisa membuat kuku menjadi rapuh dan mudah patah. Hal ini bisa disebabkan akibat terlalu sering terpapar bahan kimia keras seperti menggunakan aseton untuk menghapus cat kuku.

Anemia juga dapat menyebabkan kuku menjadi lebih rapuh dan patah. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan hemoglobin dan zat besi. Hemoglobin merupakan protein yang mengalirkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Selain itu, pertambahan usia juga bisa menyebabkan kuku menjadi lebih mudah patah.

Oleh karena itu, perawatan kuku juga sangat diperlukan agar bagian tubuh ini menjadi sehat dan tidak mudah rapuh. Briliobeauty.net telah merangkum tujuh cara untuk merawat kuku kaki dari berbagai sumber, Selasa (14/3).

1. Jangan lupa bersihkan kuku dengan sabun.

7 Cara merawat kuku kaki  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Ketika mandi jangan lupa membersihkan kuku kaki untuk mengangkat kotoran dan debu yang tertempel. Kuku kaki juga kerap menampung kotoran dan debu yang apabila tidak dibersihkan dapat terkumpul dan menggumpal. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, kondisi ini bisa merusak tampilan kuku kaki dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, kamu dapat membersihkan kuku kaki ketika mandi dengan menggunakan spons atau handuk kecil.

2. Jangan biarkan kuku tumbuh terlalu panjang.

7 Cara merawat kuku kaki  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Kamu dapat menggunakan gunting kuku untuk memotong kuku kaki yang sudah memanjang. Hal ini dilakukan untuk mencegah menumpuknya kotoran dan meminimalisir risiko infeksi. Sebaiknya lakukan pemotongan ketika kuku dalam keadaan kering agar hasilnya lebih rapi. Gunting kuku juga lebih baik digunakan sendiri dan tidak digunakan bersama orang lain agar lebih higienis.

Mgg: Azahra Amalia Sugiyarto

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES