7 Cara gunakan serum wajah agar hasil optimal, cukup pakai 2-3 tetes

7 Cara gunakan serum wajah agar hasil optimal, cukup pakai 2-3 tetes

Brilio.net - Tak sedikit yang menganggap proses pembersihan wajah, penggunaan krim, pelembap, dan tabir surya, serta eksfoliasi ampuh untuk merawat wajah. Sehingga, penggunaan serum wajah kerap diabaikan. Entah karena harganya yang cenderung mahal, atau pengetahuan yang kurang. Faktanya, masih banyak yang kurang paham mengenai cara pakai serum yang benar. Padahal, jika penggunaannya kurang tepat, manfaatnya pada kulit tak bisa dirasakan secara maksimal.

Serum diaplikasikan setelah membersihkan wajah, sebelum mengoleskan pelembap. Serum dikemas dengan berbagai bahan super yang dirancang untuk bisa menembus kulit dengan cara yang tak bisa dilakukan oleh pelembap sehari-hari.

Serum terdiri dari molekul yang lebih kecil, dapat menembus jauh ke dalam kulit, dan memberikan konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Penggunaan serum juga membantu memaksimalkan berbagai produk perawatan wajah yang diaplikasikan sesudahnya.

Serum wajah adalah produk perawatan kulit atau skincare berbentuk cair yang teksturnya ringan dan umumnya tidak mengandung minyak. Fungsi serum wajah dianggap efektif untuk menangani masalah kulit tertentu, seperti kerutan, bintik dan noda hitam di wajah, kulit kering, warna kulit tidak merata, serta jerawat. Untuk mendapatkan manfaat serum secara optimal, yuk simak 7 cara menggunakannya seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/11).

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.

Cara gunakan serum wajah agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulitmu. Jika sedang menggunakan makeup, sebaiknya bersihkan sisa-sisa makeup di wajah dengan makeup remover. Kemudian, lanjutkan dengan mencuci wajah untuk mengangkat sisa makeup, kotoran, dan minyak menggunakan sabun pembersih wajah memakai air hangat.

Air hangat akan melembapkan kulit dan membuka pori-pori untuk membantu penyerapan serum. Pastikan wajah kamu benar-benar sudah dalam kondisi bersih. Lalu, keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

2. Pilih serum yang sesuai dengan permasalahan kulit.

Cara gunakan serum wajah agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum menggunakan serum, pastikan serum yang kamu pilih sesuai dengan permasalahan kulit. Hal ini dilakukan agar serum dapat menjamin keamanan dan memberikan hasil yang lebih memuaskan. Kamu juga perlu memperhatikan kandungan yang ada di dalam serum, jangan sampai ada kandungan yang tidak cocok atau menimbulkan alergi di wajah.

Namun, jika kamu mengalami permasalahan kulit yang beragam secara sekaligus, kamu bisa memilih masalah kulit yang lebih dominan. Misalnya jika kamu memiliki masalah kulit berjerawat, kamu bisa menggunakan serum dengan bahan aktif Niacinamide. Bahan ini selain dapat mengatasi jerawat, juga dapat memperkecil pori-pori sekaligus menyamarkan garis halus pada wajah.

3. Gunakan serum di wajah yang lembap dengan mengaplikasikan toner.

Cara gunakan serum wajah agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Setelah membersihkan wajah, gunakan beberapa tetes toner untuk menghilangkan sisa kotoran yang masih menempel pada wajah. Memakai toner adalah cara yang baik untuk melembapkan kulit wajah sebelum menggunakan serum. Tunggu 1-2 menit sampai kulit dalam keadaan lembap, tapi tidak terlalu basah dari toner.

Kulit yang lembap dipercaya memiliki daya serap 10 kali lebih baik daripada kulit kering. Ketika wajah masih setengah lembap, segera teteskan serum ke wajah agar produk perawatan wajah yang satu ini bisa menyerap dengan sempurna.

4. Gunakan serum secukupnya.

Cara gunakan serum wajah agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Pemakaian serum tidak perlu berlebihan karena cairannya yang sudah terkonsentrasi. Jika menggunakan serum terlalu banyak justru akan membuat wajah berminyak. Cukup gunakan 2-3 tetes atau sekitar 2 pump serum untuk hasil yang maksimal. Dengan kadar seperti itu, serum dapat terserap secara merata di wajah kamu.

Agar lebih aman, kamu bisa membaca instruksi pemakaian yang ada di kemasan serum. Perlu diingat bahwa tidak semua serum memiliki konsentrasi yang sama. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengikuti takaran yang sesuai. Selain bermanfaat bagi wajah, pemakaian serum yang tepat akan membuat penggunaan produk lebih irit dan sehingga kamu tidak perlu cepat-cepat membeli yang baru.

5. Gunakan dengan cara ditepuk dan dipijat.

Cara gunakan serum wajah agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Setelah cairan serum menempel pada wajah, ratakan dengan cara menepuk-nepuk dan memijatnya perlahan dari bagian tengah wajah menuju garis rambut. Langkah ini dilakukan agar bahan aktif di dalam serum bisa terurai dan masuk ke dalam kulit. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga serum benar-benar tak meninggalkan kesan lengket sebelum melanjutkan ke produk berikutnya.

Pada tahap ini, kulit seharusnya akan terasa kenyal dan lembut tanpa kesan berminyak. Memijat wajah saat meratakan serum juga bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah di area wajah. Ingat untuk tidak memijat wajah terlalu keras terutama bagi yang memiliki tipe kulit sensitif karena dapat menimbulkan kemerahan.

6. Diamkan beberapa saat sebelum memakai skincare lain.

Cara gunakan serum wajah agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu cara yang sering diabaikan dalam memakai serum adalah mendiamkan wajah selama beberapa saat sampai serum menyerap dengan sempurna. Tunggu hingga 5 menit untuk hasil yang sempurna. Jika serum langsung ditumpuk dengan skincare lain, bisa jadi bahan aktifnya tercampur sehingga efektivitasnya berkurang. Setelah serum menyerap ke dalam kulit, kamu bisa melanjutkan tahap skincare selanjutnya.

7. Lanjutkan dengan penggunaan skincare lainnya.

Cara gunakan serum wajah agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Setelah serum terserap ke dalam kulit, kamu dapat melanjutkan dengan produk skincare lainnya. Segera oleskan krim mata, moisturizer, maupun produk-produk sejenis yang ada dalam rangkaian perawatan wajahmu. Jangan lupa melengkapinya dengan tabir surya mengandung sedikitnya SPF 30. Tabir surya berfungsi penting dalam melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Selain itu, produk-produk yang kamu gunakan sebelumnya juga akan bekerja secara optimal.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES