7 Cara gunakan masker mata agar lebih efektif, hindari pemakaian lebih dari 20 menit

7 Cara gunakan masker mata agar lebih efektif, hindari pemakaian lebih dari 20 menit

Brilio.net - Kulit area mata merupakan bagian yang rentan menghitam, yang biasa disebut dengan mata panda. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan produk perawatan yang diformulasikan untuk mengatasi mata panda. Seperti yang telah diketahui bahwa saat ini perawatan mata sudah banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah masker mata.

Memakai masker mata perlu dilakukan sebagai rutinitas perawatan kecantikan dan kesehatan mata sehari-hari. Pasalnya, kulit sekitar mata cenderung lebih tipis dibandingkan kulit area wajah lainnya sehingga tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, lebih rentan terjadi. Terlebih, apabila kamu sering terpapar sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar matahari. Maka dari itu, kegunaan masker mata sangat penting dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit bawah mata.

Masker mata biasanya berbentuk gel atau krim yang digunakan dengan cara dioles pada area kulit bawah mata. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, jenis masker ini juga ada yang berbentuk patch sehingga dapat ditempel langsung di bawah mata kamu. Eye patch hadir dalam bentuk menyerupai bulan sabit atau setengah lingkaran yang terbuat dari katun, bio selulosa, hidrogel, dan lain-lain.

Mirip dengan sheet mask, sebagian besar produk masker mata juga diperkaya dengan serum dan bahan-bahan aktif lain sebagai kandungan utama di dalamnya. Kandungan bahan aktif dalam masker mata, di antaranya adalah retinol, hyaluronic acid, ceramide, peptida, kolagen, pelembap, serta berbagai vitamin dan mineral.

Untuk memperoleh manfaat masker mata secara maksimal, kamu perlu tahu cara pakainya dengan tepat. Berikut tujuh cara gunakan masker mata agar lebih efektif, seperti briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/12).

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.

Cara gunakan masker mata agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Cara memakai masker mata yang benar adalah membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit. Jika menggunakan makeup, sebaiknya bersihkan dulu sisa-sisa makeup di wajah, termasuk area mata, menggunakan makeup remover. Lalu, lanjutkan tahapan mencuci wajah untuk mengangkat sisa makeup, kotoran, dan minyak menggunakan sabun pembersih wajah.

Pastikan wajah kamu sudah benar-benar bersih, ya. Kemudian, keringkan wajah kamu menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan. Hindari menggosok wajah dengan handuk karena dapat mengiritasi wajah kamu.

2. Aplikasikan toner.

Cara gunakan masker mata agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Setelah membersihkan wajah dengan benar, aplikasikan toner pada kulit wajah. Toner berfungsi untuk melembapkan kulit wajah serta menyeimbangkan pH kulit. Biasanya, setelah mencuci muka, pH kulit wajah akan menjadi lebih tinggi atau rendah karena penggunaan produk pembersih wajah. Ketidakseimbangan pH kulit cenderung membuat kulit terasa kering. Gunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan pada kulit wajahmu.

3. Pastikan tangan dalam kondisi bersih dan baca aturan pakai.

Cara gunakan masker mata agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Setelah membersihkan wajah, cara memakai masker mata yang paling penting adalah cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Fungsi masker mata akan bekerja secara maksimal apabila tangan dalam kondisi bersih. Dengan demikian, kotoran dari tangan tidak akan menempel pada kulit area bawah mata.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan aturan pakai produk untuk memaksimalkan penggunaannya. Setiap jenis masker mata mungkin memiliki aturan cara pakai masker yang berbeda-beda. Maka, sangat penting untuk membaca petunjuk yang tertera di balik kemasan masker sebelum menggunakannya.

4. Tempelkan masker mata.

Cara gunakan masker mata agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Cara memakai masker mata harus sesuai dengan jenisnya. Untuk jenis eye patch, kamu hanya perlu melepaskan plastik tipis yang membungkus masker (bila ada). Kemudian, tempelkan ke area kulit bawah mata yang dekat dengan hidung. Tekan masker mata secara perlahan agar dapat menempel dengan sempurna. Sedangkan, untuk jenis masker mata berbentuk gel atau krim, ambil produk secukupnya menggunakan jari tangan bersih. Lalu, ratakan seraya memijat kulit dengan lembut.

Lakukan pijatan dengan gerakan memutar, yaitu dari bawah mata dekat hidung, lalu ke kelopak mata. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata dan garis-garis halus di wajah.

5. Jangan pakai masker mata terlalu lama.

Cara gunakan masker mata agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Cara memakai masker mata yang tepat adalah selama 10-20 menit. Selama rentang waktu tersebut, kamu bisa sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti membaca buku, menonton serial televisi, atau bermain ponsel. Cara pakai masker mata lebih dari 20 menit, bahkan semalaman, tidak disarankan. Sebab, bisa menimbulkan reaksi tertentu pada area kulit bawah mata. Jika dirasa produk dalam masker mata sudah menyerap secara maksimal, segera lepas masker mata dan jangan digunakan kembali.

6. Lakukan pemakaian skincare lainnya.

Cara gunakan masker mata agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Tahapan cara memakai masker mata terakhir adalah melanjutkan pemakaian produk skincare lainnya, seperti serum, essence, krim mata, atau sleeping mask. Jangan menggunakan berbagai produk skincare tersebut sebelum memakai masker mata karena eye patch tidak dapat menempel sempurna.

7. Hentikan pemakaian jika terjadi iritasi.

Cara gunakan masker mata agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Kulit bawah mata merupakan area yang sangat sensitif. Oleh sebab itu, jika penggunaan masker mata menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan iritasi, sebaiknya lepas atau bersihkan dan hentikan penggunaannya. Gejala ketidakcocokan atau iritasi yang mungkin terjadi misalnya gatal, panas, kemerahan, bengkak, dan lain-lain.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES