6 Cara gunakan face oil agar hasil optimal, campur dengan pelembap

6 Cara gunakan face oil agar hasil optimal, campur dengan pelembap

Brilio.net - Akhir-akhir ini, face oil menjadi perawatan skincare rutin yang sedang banyak dibicarakan. Face oil diformulasikan untuk melembapkan, menghidrasi, dan menjaga keseimbangan kulit wajah. Manfaat utamanya tentu saja buat menjaga kelembapan kulit yang membantu membuat wajah jadi terlihat lebih glowing.

Tapi sesuai dengan namanya yang menandakan produk ini merupakan oil alias minyak, banyak yang merasa ragu-ragu saat akan memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Terutama buat yang punya kulit berminyak.

Kalau kamu pikir face oil bisa membuat wajah terasa lengket dan berminyak, tandanya kamu belum mengenal dengan baik jenis produk yang satu ini. Pada dasarnya face oil nggak akan menyebabkan efek greasy yang mengganggu karena formulasinya bekerja untuk mengatasi masalah kulit yang lebih fokus.

Produk face oil ternyata ada banyak macamnya, dengan berbagai varian yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Jadi, beda tipe kulit, beda juga produk yang digunakan. Pastikan jangan salah pilih produk demi hasil penggunaan yang maksimal.

Kandungan face oil yang sebaiknya digunakan pemilik kulit normal adalah jojoba oil, marula oil, squalane, dan coconut oil. Sementara itu, argan oil, almond oil, dam rosehip oil menjadi formula yang disarankan untuk pemilik kulit kering. Terakhir, formula minyak yang ringan dari tea tree, jojoba oil, hingga grapeseed oil cocok untuk pemilik kulit berminyak.

Namun, tidak semua orang memahami cara menggunakan face oil. Bahkan tak sedikit justru malah merasakan iritasi, akibat asal dalam pengaplikasiannya. Supaya tidak salah lagi, yuk, simak enam cara gunakan face oil agar hasil optimal. Seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/12).

1. Campur face oil dengan pelembap.

Cara gunakan face oil agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Cara pemakaian face oil dicampur dengan pelembap sempat viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Ternyata ini merupakan cara pemakaian face oil yang tepat, lho. Karena face oil bisa digabungkan dengan produk skincare lainnya. Kamu bisa mengambil tiga tetes face oil, lalu campurkan dengan pelembap favorit kamu. Kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah sambil diberi pijatan lembut. Lakukan secara rutin agar kulit tampak lebih sehat dan lembap sempurna.

2. Perhatikan urutan pemakaian face oil.

Cara gunakan face oil agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Perlu diketahui bahwa face oil bersifat oklusif yang artinya menyegel atau mengunci semua kandungan skincare sebelumnya dan mengunci kelembapan wajah agar tidak cepat menguap. Jadi sebaiknya, gunakan face oil paling akhir dalam produk rangkaian skincare kamu. Atau kamu juga bisa membubuhkan face oil setelah serum. Hal ini akan memperbaiki kerusakan skin barrier serta membuat kulit tampak lebih halus. Tak hanya itu, menerapkan face oil dengan cara ini berpotensi mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih glowing.

3. Perhatikan waktu penggunaan yang tepat.

Cara gunakan face oil agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Waktu pemakaian face oil yang tepat juga sebaiknya kamu perhatikan. Pemakaian face oil bisa digunakan pagi dan malam hari, sesuai dengan kondisi kulit wajah. Namun, pemakaian face oil kurang efektif di pagi hari karena mengganggu perlindungan sunscreen. Tekstur dari face oil bisa membuat perlindungan sunscreen menjadi luntur dan kurang optimal melindungi wajah dari sinar UV matahari. Oleh karena itu, kalau kamu menggunakan face oil pagi atau siang hari, pastikan untuk re-apply sunscreen 2 sampai 3 jam sekali untuk perlindungan yang optimal.

4. Menggunakan sesuai kebutuhan.

Cara gunakan face oil agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Meski fungsinya sama dengan skincare, namun kamu tak bisa menggunakan face oil setiap saat. Pastikan kamu mengaplikasikan face oil secukupnya saja di kulit wajah. Minyak adalah produk yang sangat terkonsentrasi. Face oil sebaiknya digunakan antara satu hingga tiga tetes saja, hal ini cukup untuk menutrisi sekaligus melembapkan wajah. Pemakaian face oil bisa memberikan efek glowing di kulit wajah, tapi jika terlalu banyak akan membuat wajah kamu berminyak. Kamu juga akan menjadi tidak nyaman dan mengganggu penampilan.

5. Aplikasikan dengan gerakan dab atau pat.

Cara gunakan face oil agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Ada dua cara memakai face oil, pertama metode dab atau mengoleskannya. Selanjutnya, pat yakni menepuk menggunakan telapak tangan secara lembut hingga face oil meresap ke dalam pori-pori kulit wajah. Selain itu, penting untuk menghindari menggosok face oil seperti saat kamu memakai pelembap, ya. Kamu juga bisa menggunakan alat kecantikan seperti gua sha untuk mengoleskan face oil dan juga memperlancar aliran darah di kulit wajah kamu.

6. Lakukan patch test sebelum aplikasikan ke wajah.

Cara gunakan face oil agar hasil optimal freepik.com

foto: freepik.com

Bagi kamu yang mau mencoba face oil, tapi takut tidak cocok jika diaplikasikan langsung ke wajah, kamu bisa melakukan patch test terlebih dahulu. Kamu bisa aplikasikan ke lengan bagian dalam dan rasakan efeknya dalam 24 jam. Jika kamu merasakan efek kurang nyaman seperti panas, gatal, atau kemerahan, dimungkinkan kamu tidak cocok dengan face oil tersebut. Karena beberapa face oil, memiliki kandungan oil essential yang kuat dan beberapa kulit wajah terlalu sensitif dengan kandungan tersebut.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES