5 Tips gunakan acne patch agar lebih efektif, pilih kandungan yang tepat

5 Tips gunakan acne patch agar lebih efektif, pilih kandungan yang tepat

Brilio.net - Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Biasanya saat jerawat mulai muncul, tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan memencet jerawat. Padahal selain membuat bekas jerawat menjadi susah pudar, memencet jerawat bisa menyebabkan kulit wajah kamu menjadi iritasi bahkan luka.

Selain menggunakan rangkaian produk skincare untuk membuat jerawat menjadi kering dan matang, kamu bisa menggunakan acne patch untuk menarik jerawat yang sudah matang atau biasa dikenal dengan jenis jerawat pustula keluar tanpa menyebabkan bekas jerawat yang susah pudar atau luka.

Acne patch menjadi produk favorit masyarakat kini. Hanya dengan menempelkan stiker pada jerawat, sudah menjadi solusi kulit kembali mulus. Apalagi acne patch berbentuk kecil dan transparan, sehingga tidak terlihat saat dikenakan.

Selain mengusir jerawat dari wajah, stiker ini juga bisa mencegah seseorang untuk menyentuh jerawat secara langsung. Seperti yang diketahui, menyentuh jerawat dengan tangan kotor bisa justru bisa membuat infeksi lebih parah, bahkan menyebar.

Cara pakai acne patch memang terlihat sangat mudah karena kamu tinggal menempelkannya. Namun, jika tidak dilakukan dengan tepat, tentu saja kamu tidak bisa melihat hasilnya dengan maksimal.

Nah, jika kamu ingin acne patch yang digunakan lebih efektif, yuk simak 5 tips gunakan acne patch berikut ini, yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/12).

1. Bersihkan wajah.

Tips gunakan acne patch agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Langkah pertama sebelum menggunakan acne patch yakni dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Pasalnya, wajah yang bersih dari kotoran dan makeup akan lebih efektif bagi acne patch bekerja mengatasi jerawat.

Selain itu, pastikan kamu menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan masalah kulitmu. Jika jadwal kamu untuk eksfoliasi, pastikan kamu sudah melakukan eksfoliasi terlebih dahulu sebelum menggunakan acne patch supaya sel kulit mati terangkat dan pemakaiannya menjadi lebih optimal. Setelahnya, basuh dan keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk lembut.

2. Aplikasikan serum.

Tips gunakan acne patch agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Setelah memastikan wajah benar-benar bersih, ambil bola kapas dan aplikasikan serum ke atasnya. Untuk mempercepat penyembuhan jerawat, kamu bisa memilih serum dengan kandungan asam salisilat. Asam salisilat berfungsi untuk mengempeskan dan mengurangi kemerahan jerawat serta membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Tea tree oil juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi jerawat. Tea tree oil bersifat antimikroba dan antiinflamasi. Dua kandungan ini bekerja untuk mengatasi kemerahan, peradangan, dan bengkak pada jerawat.

Selain itu, tea tree oil juga merawat kulit dengan mengurangi bekas jerawat dan melembutkan kulit. Sebaiknya aplikasikan serum sebelum kamu menempelkan acne patch ke atas jerawat.

3. Cari ukuran acne patch yang sesuai.

Tips gunakan acne patch agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Selain itu kamu juga harus memperhatikan kondisi jerawat, apakah berukuran besar atau kecil. Lalu, sesuaikan ukuran acne patch dengan kondisi jerawat agar produk bisa menutupinya secara sempurna.

Biasanya, ukuran di pasaran tersedia mulai dari 7 mm hingga 12 mm. Dengan begitu, saat jerawat muncul kamu bisa menyesuaikan ukuran jerawat dengan stiker jerawat.

4. Pilih kandungan acne patch yang sesuai kondisi wajah.

Tips gunakan acne patch agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Disarankan juga memilih formula acne patch yang sesuai dengan kondisi wajah, ya. Misalnya saja acne patch dengan kandungan asam salisilat dan niacinamide yang bersifat antiinflamasi lebih direkomendasikan untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Tak hanya itu saja, ada pula acne patch dengan kandungan zat hydrocolloid yang berperan menyerap cairan, sehingga jerawat jadi cepat kering. Zat ini juga berfungsi menyerap racun yang terperangkap di bawah kulit.

5. Hindari memencet jerawat dan perhatikan waktu pemakaian.

Tips gunakan acne patch agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Meskipun sudah ada acne patch yang melindungi dan mencegah untuk menyentuh jerawat, pasti ada godaan untuk memencet jerawat dari permukaan luar. Maka itu, tetap tahan diri dan hindari kebiasaan memencet jerawat. Sehingga jerawat bisa sembuh secara tuntas tanpa berbekas.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan waktu pemakaian acne patch untuk mendapatkan hasil yang efektif. Biasanya acne patch digunakan paling lama 8 jam, pastikan waktu pemakaian acne patch tersebut sesuai dengan anjuran pemakaiannya untuk hasil yang optimal, tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lama juga.

Jika kamu sudah merasa jerawatnya terangkat atau sudah pemakaian 8 jam, tarik perlahan sampai isi jerawatnya keluar. Pastikan juga kamu membaca terlebih dahulu anjuran pemakaian yang ada di kemasannya, pastikan tidak ada kandungan yang kamu tidak cocok atau aturan pakai lainnya yang harus diperhatikan.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES