10 Manfaat teh hijau untuk kecantikan, dapat mengobati jerawat

10 Manfaat teh hijau untuk kecantikan, dapat mengobati jerawat

Brilio.net - Teh merupakan salah satu minuman yang populer di dunia. Ada berbagai macam jenis teh yang mudah ditemukan, misalnya teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Ada pula varian teh yang populer di Jepang yakni teh hijau. Di Jepang, meminum teh hijau sudah menjadi budaya dan bagian dari upacara bernama Sadao. Biasanya mereka menyajikan teh hijau untuk para tamu yang berkunjung ke rumahnya.

Selama ribuan tahun, teh hijau telah digunakan di Jepang dan China karena nilai pengobatannya yang luar biasa, mulai dari menurunkan berat badan, melindungi jantung, hingga meningkatkan pencernaan dan fungsi otak. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan lima kali lebih besar daripada yang terkandung dalam sayuran hijau. Bahkan, nilainya mencapai nilai tertinggi dalam metode ORAC (oxygen radical absorbance capacity).

Selain itu, teh hijau juga mengandung serangkaian tertentu senyawa organik yang dikenal sebagai catechin. Di antara antioksidan, catechin yang paling ampuh dan bermanfaat. Bahkan dalam bubuk green tea mengandung 60% epigallocatechin (EGCg). EGCg sendiri adalah catechin yang diakui untuk sifat resisten terhadap kanker.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, teh hijau juga bermanfaat untuk kecantikan. Tak heran jika saat ini banyak produk kecantikan yang menggunakan teh hijau sebagai komposisi utama pembuatannya. Berikut 10 manfaat teh hijau untuk kecantikan, brilio.net lansir dari stylecraze.com dan sumber lain pada Kamis (14/1).

1. Membantu mengatasi jerawat.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Jerawat merupakan masalah umum di kalangan remaja dan orang dewasa. Jerawat terjadi karena pori-pori yang tersumbat, ketidakseimbangan hormon, produksi sebum yang berlebihan, infeksi bakteri, dan peradangan di sekitar folikel kelenjar sebaceous.

Mengaplikasikan masker teh hijau selama dua minggu efektif dalam mengurangi produksi sebum dan peradangan pada folikel. Mengonsumsi teh hijau tanpa kafein juga menunjukkan hasil yang menjanjikan dengan penurunan jumlah lesi jerawat.

2. Melindungi kulit dari sinar UV.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Paparan sinar UV matahari yang berbahaya secara berulang dan berkepanjangan menyebabkan photoaging. EGCG, polifenol teh hijau, dapat membantu melindungi kulit dari sinar UVB dan menghambat oksidasi protein yang diinduksi oleh UVB. Ini, pada gilirannya, dapat membantu mencegah penuaan kulit.

Mengaplikasikan masker atau pelembap yang mengandung teh hijau dapat membantu mencegah radikal oksigen bebas berbahaya yang dihasilkan dari paparan UV. Teh hijau juga dapat membantu mengurangi pigmentasi kulit, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.

3. Mengurangi risiko kanker kulit.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Menurut American Academy of Dermatology, sekitar 9.500 orang di AS didiagnosis menderita kanker kulit setiap hari. Sinar UV yang berbahaya, bahan kimia, dan racun yang mempengaruhi DNA bertanggung jawab atas meningkatnya jumlah penderita kanker kulit.

Polifenol dalam teh hijau menawarkan efek pencegahan kanker dan dapat membantu menekan pertumbuhan tumor. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa polifenol dalam teh hijau dapat digunakan sebagai agen farmakologis untuk mencegah gangguan kulit akibat sinar UVB matahari seperti melanoma dan kanker kulit nonmelanoma dan photoaging.

4. Mengurangi tanda penuaan.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Kulit kita mulai keriput seiring bertambahnya usia. Serat kolagen dan elastin di kulit membuatnya terlihat montok dan halus. Tapi seiring bertambahnya usia, serat tersebut akan rusak dan menyebabkan kulit terlipat serta terkulai. Para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak air teh hijau mengurangi kerusakan kulit, mendorong proses anti-kerutan, dan menunda penuaan kolagen pada tikus. Perawatan tanase ditemukan untuk meningkatkan aktivitas antioksidan teh hijau, sehingga mengurangi kerutan.

5. Melindungi kulit di sekitar mata.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Kulit di sekitar mata memiliki tekstur tipis dan sangat halus. Hal tersebut bisa memburuk karena keriput, menua, dan menjadi berpigmen karena paparan sinar UV, stres, gaya hidup yang buruk, genetika, dan kurang tidur.

Sifat antioksidan, anti-inflamasi, pelindung UV, dan anti-kerut pada teh hijau dapat membantu melindungi kulit di sekitar mata dari pigmentasi, kerutan, dan kendur.

6. Mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi. Ini karena kandungan polifenol yang tinggi pada teh. Sifat anti-inflamasi teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan.

7. Melembapkan Kulit.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Teh hijau mengandung beberapa vitamin, di antaranya vitamin E yang dikenal dengan kemampuannya menutrisi dan melembapkan kulit. Dalam satu studi, peserta menerapkan formulasi eksperimental ekstrak teh hijau ke lengan bawah mereka selama 15 dan 30 hari. Di akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa para partisipan mengalami peningkatan kelembapan kulit dan pengurangan kekasaran kulit.

Dengan mengaplikasikan masker teh hijau pada wajah, maka sangat berguna dalam menutrisi kulit. Selain itu, masker teh hijau dengan kandungan vitamin E tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih lembap.

8. Mengurangi minyak pada wajah.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Masker dari teh hijau dapat mengurangi produksi minyak pada wajah. Selain lebih aman digunakan karena berasal dari sumber alami, menggunakan masker teh hijau ini juga tidak memberi efek samping yang berbahaya bagi kulit wajah.

Efektifnya masker teh hijau bagi kesehatan wajah ini tidak lain karena kandungan tanin yang ada di dalam teh hijau. Tanin tersebut berfungsi sebagai zat yang dapat mengecilkan pori pada kulit wajah dan mengurangi sebum.

9. Mengatasi mata panda.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Kantung mata atau yang lebih sering dikenal mata panda sering membuat seseorang kurang percaya diri. Namun ternyata teh hijau bisa mengatasi masalah tersebut. Teh ini mengandung zat tannin dan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit secara menyeluruh.

Penelitian dari Medical College of Georgia pada 2003 menemukan mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah dengan efektif, mendetoks racun dan bakteri secara alami, mengatasi inflamasi atau peradangan, bahkan menghilangkan noda luka yang membekas pada kulit wajah.

10. Mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Maksimalkan manfaat kandungan vitamin C dari teh hijau untuk mencerahkan wajah. Caranya, manfaatkan teh hijau sebagai toner kulit. Sebagai toner, maka teh hijau akan bekerja untuk menarik kotoran, sisa make up, dan bakteri yang tertinggal di kulit wajah. Tidak hanya itu, sebagai toner teh hijau juga mampu memperkecil pori-pori dan menghidrasi kulit wajah.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES