Cara mengatasi rambut rontok dan sulit tumbuh pakai hair spray dari 2 jenis daun, auto lebat dan sehat

Cara mengatasi rambut rontok dan sulit tumbuh pakai hair spray dari 2 jenis daun, auto lebat dan sehat

Tentunya, ada hal-hal yang menjadi penyebab mengapa rambut lebih sulit untuk tumbuh dari biasanya. Bisa karena faktor genetik, hingga faktor kebiasaan yang salah dan tidak disadari oleh sebagian orang. Maka dari itu, kamu perlu melakukan perawatan untuk menutrisi rambutmu dan merangsang pertumbuhan rambut agar terhindar dari kebotakan.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @yeseniaox pada (15/11/2022) lalu. Melalui video unggahan itu, pemilik akun membagikan cara mengatasi rambut rontok dan sulit tumbuh pakai hair spray dari 2 jenis daun. Daun yang dimaksud adalah daun rosemary dan daun mint. Selain kedua bahan tersebut, ia juga menambahkan bahan lain yaitu cuka apel.

"rosemary water for hair growth (air rosemary untuk pertumbuhan rambut)," tulisnya dalam keterangan video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @yeseniaox, Selasa (16/5).

Cara mengatasi rambut rontok dan sulit tumbuh pakai hair spray dari 2 jenis daun Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam studi terbaru yang dimuat dalam National Library of Medicine disebutkan, bahwa jika diolah, dapat bekerja layaknya minoxidil, yakni kandungan yang umum ditemui dalam sejumlah produk penumbuh rambut. Studi tersebut dilakukan pada manusia dengan kondisi androgenetic alopecia, yakni masalah kebotakan yang dialami pria dan wanita.

Selain mencegah rambut rontok, manfaat daun rosemary untuk rambut disebut dapat merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini berkat kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Dengan begitu, folikel rambut tidak akan kekurangan asupan darah yang membuat pertumbuhan rambut terhambat.

Sementara daun mint atau peppermint merupakan salah satu jenis tanaman yang memberikan sensasi segar dan menyejukkan di mulut. Biasanya, daun mint ditambahkan ke dalam makanan atau minuman dalam bentuk segar atau kering. Selain itu, daun mint juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambutmu.

Ekstrak daun mint banyak mengandung karoten dan antioksidan. Senyawa tersebut berfungsi memperbaiki rambut rontok dan menjaga kesehatan kulit kepala. Kandungan aktif daun mint tersebut dapat membantu menumbuhkan dan memperkuat folikel rambut secara efektif.

Sedangkan cuka apel, meskipun memiliki bau asam yang menyengat karena fermentasi, apple cider vinegar atau cuka apel memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan, salah satunya untuk rambut. Manfaat cuka apel untuk rambut ini datang karena kandungan yang dimiliki. Mulai dari zat besi, magnesium, antioksidan, asam amino, fosfor, mangan, hingga kalori. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya.

Cuka apel mengandung asam asetat dalam jumlah yang cukup baik. Dengan kandungan ini, rambut yang terlihat kusam, rapuh, atau kaku membantu menurunkan pH dan mengembalikan kesehatan rambut. Kemampuan cuka apel menyeimbangkan pH dan membersihkan folikel rambut dari kotoran berguna untuk membantu mengurangi kerontokan rambut. Selain itu, cuka apel juga dapat menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah rontok.

Hanya dengan ketiga bahan tersebut kamu bisa memanfaatkannya menjadi hair spray. Meskipun menggunakan bahan-bahan alami, namun hair spray buatan ini juga tak kalah efektif dengan produk di pasaran lho. Yuk, simak cara membuatnya.

Cara mengatasi rambut rontok dan sulit tumbuh pakai hair spray dari 2 jenis daun Berbagai sumber

foto: TikTok/@yeseniaox

Bahan:

1. Segenggam daun rosemary.
2. Segenggam daun mint.
3. 1 sendok makan cuka apel.
4. 4 cup air.

Cara membuat:

1. Didihkan air lalu masukkan daun rosemary dan daun mint kedalamnya.
2. Matikan kompor lalu diamkan kedua daun tersebut terendam selama 20 menit.
3. Tambahkan cuka apel lalu aduk sampai tercampur merata.
4. Tunggu sampai dingin lalu pindahkan pada botol spray.
5. Semprotkan keseluruh rambut mulai dari akar hingga ujungnya.
6. Sisir lalu diamkan selama 1-2 jam.
7. Bilas menggunakan air sampai bersih dan lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner andalanmu.
8. Gunakan 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara mengatasi rambut rontok dan sulit tumbuh pakai hair spray dari 2 jenis daun Berbagai sumber

foto: TikTok/@yeseniaox

Video unggahan yang membagikan cara mengatasi rambut rontok dan sulit tumbuh pakai hair spray dari 2 jenis daun ini viral. Hingga kini, videonya sudah ditonton sebanyak 6,5 juta kali dan mendapatkan lebih dari 2.400 komentar beragam.

"Ladies ini bekerja!!!! Rambut saya sebahu dan dalam satu tahun 1/2 sudah di pinggang saya sekarang," kata pemilik akun @emmjay0412.

"Saya biasanya menggunakan rosemary, jahe & air bekerja dengan baik," celetuk akun @jayneegrenuda.

@yeseniaox rosemary water for hair growth! #asmr #asmrsounds #hairtok #hairgrowthtips #rosemarywater #fyp #cabellolargo original sound - Yesenia

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES