9 Tips makeup untuk wanita berkacamata ini antiluntur dan bikin penampilan lebih stunning

9 Tips makeup untuk wanita berkacamata ini antiluntur dan bikin penampilan lebih stunning

Brilio.net - Kacamata merupakan kebutuhan bagi sebagian wanita yang memiliki kesehatan mata kurang baik. Namun, kacamata kerap kali jadi kendala ketika menggunakan makeup, terutama pada area mata. Selain itu, beberapa wanita mungkin kesulitan mengaplikasikan riasan yang cocok dengan tambahan kacamata pada wajah.

Mengenakan makeup untuk wanita berkacamata memang bukan hal mudah. Oleh karena itu, harus ada trik-trik khusus agar makeup tidak jadi aneh dan bahkan rusak karena kacamata yang kerap kali bergesekan dengan kulit wajah sepanjang hari. Sering kali, beberapa orang memaksakan diri tidak mengenakan kacamata demi makeup-nya tetap terjaga.

Padahal, kamu tidak perlu memaksakan diri seperti itu. Jika memang lebih nyaman mengenakan kacamata, kamu tetap bisa mengenakan makeup dan kacamata sekaligus tanpa perlu khawatir. Nah, supaya riasan wajah kamu tampak sempurna ketika menggunakan kacamata, yuk simaksembilan tips makeup untuk wanita berkacamata, dilansir briliobeauty.net dari berbagai sumber, Kamis (5/1).

1. Gunakan produk makeup yang waterproof dan transferproof.

Tips makeup untuk wanita berkacamata freepik.com

foto: freepik.com

Bagi kamu yang berkacamata, paling penting adalah pilih item makeup yang waterproof dan transferproof. Ini dikarenakan batang kacamata akan sering bergesekan dengan kulit, termasuk bagian pangkal hidung serta kaca. Jadi, pilihlah base makeup yang transferproof agar tidak hilang karena bergesekan dengan kacamata. Maskara yang waterproof dan transferproof juga penting, lantaran bulu mata bergesekan dengan kaca dan membuatnya menempel.

2. Gunakan concealer di lingkar luar mata.

Tips makeup untuk wanita berkacamata freepik.com

foto: freepik.com

Lantaran mengenakan kacamata akan membuat bayangan di sekitar mata, gunakan concealer di sudut-sudut garis mata. Di bagian tersebut, bayangan terlihat paling gelap. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan bedak tabur untuk menyamarkan concealer yang telah digunakan sebelumnya. Sebelum mengaplikasikan makeup mata, gunakan concealer agar matamu terlihat lebih cerah.

3. Pilih eyeshadow yang sesuai dengan jenis kacamata.

Tips makeup untuk wanita berkacamata freepik.com

foto: freepik.com

Tips makeup wanita berkacamata kali ini adalah dengan memilih eyeshadow yang sesuai dengan jenis kacamata. Apakah itu rabun jauh atau rabun dekat. Jika kamu memakai kacamata jenis rabun jauh, lensanya bisa membuat mata terlihat menyusut. Untuk menyiasatinya, sebaiknya memilih eyeshadow yang berkilau. Tampilan satin atau shimmer akan membantu menarik perhatian ke mata kamu.

Sementara, untuk kamu yang memakai kacamata jenis rabun dekat, mata akan terlihat lebih besar akibat pengaruh lensanya. Sehingga bisa menarik fokus pada bagian wajah lainnya. Untuk mengecilkan tampilan mata, sebaiknya pilihlah eyeshadow matte. Hal ini akan membuat tampilan matamu tampak lebih berwarna namun tak terlalu menonjol.

4. Sesuaikan warna eyeliner dengan warna frame kacamata.

Tips makeup untuk wanita berkacamata freepik.com

foto: freepik.com

Menyesuaikan warna eyeliner dengan frame kacamata kamu bisa membuat mata berbaur dan tidak menonjol. Cobalah untuk memilih warna eyeliner yang setidaknya 1 atau 2 kali lebih terang dari frame kacamata kamu (kecuali jika warna frame bening atau berwarna krem).

Apabila frame kacamata kamu berwarna hitam, pilih eyeliner warna abu-abu, cokelat atau biru tua. Tapi, jika frame kacamata kamu berwarna cokelat, beri liner dengan warna kelabu tua atau perunggu. Jangan lupa untuk blend eyeliner dengan kapas supaya tampilannya tidak terlalu kasar.

5. Aplikasikan eyeliner sesuai dengan ketebalan frame kacamata.

Tips makeup untuk wanita berkacamata freepik.com

foto: freepik.com

Tips makeup wanita berkacamata selanjutnya adalah aplikasikan ketebalan eyeliner sesuai dengan ketebalan frame. Frame yang tebal membutuhkan eyeliner tebal, begitu pula dengan frame tipis yang membutuhkan eyeliner tipis. Jangan mencampurkan keduanya karena bisa membuat mata kamu terlihat buruk atau berlebihan. Dalam hal ini, sebaiknya gunakan produk eyeliner bertekstur cair atau gel pada garis bulu mata atas dan lapisan highlight liner pada garis bulu mata bawah.

6. Gunakan maskara untuk menebalkan bulu mata, bukan memperpanjang.

Tips makeup untuk wanita berkacamata freepik.com

foto: freepik.com

Bagi kamu pemakai kacamata, salah satu aturan mengaplikasikan maskara adalah pilih produk yang tahan air dan memiliki efek tebal atau bervolume, bukan memperpanjang. Bulu mata yang panjang hanya akan membuat kacamata menjadi kotor karenanya.

7. Membentuk dan mengisi alis.

Tips makeup untuk wanita berkacamata freepik.com

foto: freepik.com

Ketika mengenakan kacamata, mata harus terlihat lebih kuat. Salah satu fitur yang harus kamu perhatikan adalah bagian alis. Pasalnya, alis adalah bingkai alami dari mata yang akan membingkai kacamata dan keseluruhan matamu. Makanya, pastikan kamu selalu membentuk alismu dengan rapi. Kamu juga bisa menambahkan highlighter di bagian tulang alis agar matamu terlihat lebih memukau. Selain itu, highlight juga akan memberi dimensi pada bagian mata.

8. Awali dengan pelembap matte, lalu setting spray untuk cegah alas bedak luntur.

Tips makeup untuk wanita berkacamata freepik.com

foto: freepik.com

Ini tips makeup bagi wanita berkacamata yang sangat penting. Kamu tidak ingin kacamata merosot akibat alas bedak luntur, bukan? Jadi, mulailah rias wajah dengan pelembap matte, lalu akhiri dengan setting spray. Setelah selesai dengan riasan wajah seluruhnya, semprotkan setting spray untuk mempertahankan tampilan, mencegah riasan wajah menempel pada frame, dan menjaga kacamata tetap pada tempatnya.

9. Seimbangkan tampilkan berkacamata dengan warna bibir yang sesuai dengan outfit.

Tips makeup untuk wanita berkacamata freepik.com

foto: freepik.com

Kacamata menarik fokus langsung ke area mata kamu. Jadi, jika kamu ingin riasan wajah yang seimbang maka tambahkan semburat warna pada bagian bawah wajah. Dan tips makeup wanita berkacamata kali ini adalah menggunakan warna lipstik yang sesuai dengan outfit-mu. Pasalnya, pemilihan kacamata yang senada akan membuat penampilanmu tampak lebih stunning.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES