9 Tips makeup anticakey agar lebih flawless, gunakan spons basah

9 Tips makeup anticakey agar lebih flawless, gunakan spons basah

Brilio.net - Penggunaan makeup tak melulu menghasilkan riasan yang diharapkan. Terkadang ada saja masalah yang ditemui para perias mulai dari warna, bentuk, tekstur produk, hingga hasil paduan makeup yang digunakan. Salah satu hal yang sering dihadapi para pecinta makeup saat mengaplikasikan makeup adalah tampilan akhir yang terlihat cakey.

Makeup cakey bisa membuat seseorang tampil kurang percaya diri. Penyebabnya pun beragam, salah satunya ketika hasil polesan foundation, concealer maupun bedak tidak merata. Efeknya di salah satu bagian wajah, polesan makeup tersebut crack dan terlihat lebih tebal. Selain itu, makeup cakey juga bisa membuat pori-pori kulit terlihat jelas, sehingga kulit seakan terlihat tidak mulus.

Biasanya makeup cakey ini disebabkan karena blending yang kurang merata saat layering hingga terlalu banyak menggunakan produk. Tak melulu disebabkan oleh banyaknya produk di wajah, makeup cakey juga dapat disebabkan oleh kurangnya hidrasi pada kulit, jenis foundation yang digunakan, bahkan tipe kulit. Maka dari itu, untuk bisa menghasilkan makeup yang flawless, dewy, dan tidak dempul, kamu perlu mengetahui dengan baik tentang kondisi kulit dan capaian look yang diinginkan.

Lantas, bagaimana tipsnya untuk mendapatkan riasan yang anticakey? Tak perlu khawatir, karena briliobeauty.net telah merangkum 9 tips makeup anticakey agar lebih flawless dari berbagai sumber seperti berikut ini, Rabu (16/11).

1. Bersihkan wajah dengan cleanser sebelum mengaplikasikan pelembap.

Tips makeup anticakey agar lebih flawless freepik.com

foto: freepik.com

Walau sangat penting, mencuci wajah dengan bersih sebelum makeup kerap dilupakan. Maka dari itu, pastikan wajah telah dibersihkan dengan cleanser. Sesudah wajah bersih pun jangan langsung aplikasikan foundation. Kamu mesti membalurkan seluruh area wajah dengan moisturizer atau pelembap. Dengan begini, wajahmu akan terhidrasi serta terhindar dari penuaan dini.

Pelembap juga perlu digunakan sebelum merias wajah untuk memastikan bahwa pelindung kulit tetap utuh dan sehat yang memungkinkan riasan menempel lebih merata pada kulit. Jadikan penggunaan pelembap sebagai bagian dari rutinitas harian untuk menjaga keseimbangan tingkat pH pada kulit. Saat memberikan pelembap sebelum merias wajah, biarkan pelembap meresap dengan baik sebelum melanjutkan pada pengaplikasikan produk makeup.

2. Aplikasikan face primer.

Tips makeup anticakey agar lebih flawless freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu tips agar riasan tidak cakey adalah menerapkan pemberian lapisan produk primer yang ringan untuk membantu menghaluskan kulit. Karena produk ini dapat menjaga foundation tetap menempel sempurna pada wajah dan menjaga riasan terlihat tetap segar. Face primer ini berfungsi sebagai pelembap sekaligus oil control sehingga kulit wajah kamu tidak mengkilap, lembap, dan bahkan bisa mengecilkan pori-pori.

3. Ketahui jenis kulit kamu dan pilih foundation yang tepat.

Tips makeup anticakey agar lebih flawless freepik.com

foto: freepik.com

Tips makeup tidak cakey yang selanjutnya perlu kamu terapkan adalah mengetahui terlebih dahulu jenis kulit kamu. Hal ini akan membantu kamu dalam memilih foundation yang tepat. Jika kamu memiliki jenis kulit oily, gunakan foundation yang oil free.

Sebaliknya jika wajah kamu kering, jangan pilih foundation dengan finishing matte. Oleh karena itu, jika jenis kulitmu kering, pilihlah foundation dengan oil-based untuk menjaga kulit tetap lembap dan pilih foundation dengan formula water-based atau yang menjaga riasan agar tidak mengkilap jika kulit kamu termasuk oily.

4. Tentukan warna alas bedak yang sesuai.

Tips makeup anticakey agar lebih flawless freepik.com

foto: freepik.com

Warna foundation yang terlalu terang atau terlalu gelap jadi pemicu makeup cakey. Untuk memilih warna alas bedak cocok, carilah tone foundation yang sesuai dengan warna dasar kulitmu. Kamu bisa menguji warna foundation dengan intensitas cahaya alami.

Dengan begitu wajah bisa terlihat mana tone foundation yang cocok. Karena terkadang kulit berminyak, alas bedak juga dapat teroksidasi saat bereaksi terhadap kulit, sehingga membuatnya tampak bergaris-garis dan tidak alami. Jadi, tunggu sebentar setelah menggunakan foundation untuk melihat bagaimana reaksinya di kulit sebelum beralih ke produk makeup lainnya.

5. Aplikasikan foundation dengan spons basah.

Tips makeup anticakey agar lebih flawless freepik.com

foto: freepik.com

Meski kamu bisa-bisa saja memoles foundation dengan jari tangan, aplikasi dengan tools makeup akan membuat hasil tampak lebih baik dan merata. Kamu dapat gunakan beauty sponge atau kuas makeup untuk hasil maksimal.

Manfaatkan bagian spons berbentuk round untuk aplikasi foundie di daerah wajah yang mudah dijangkau. Sedangkan area yang sulit dijangkau seperti daerah mata dan sudut hidung bisa kamu atasi dengan bagian runcing sponge.

Untuk mencegah cakey, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan spons basah ketika mengaplikasikan foundation dan concealer. Trik ini berguna untuk menyerap produk berlebih dalam spons dan meletakkan produk secukupnya pada wajah. Penggunaan foundation dan concealer yang terlalu tebal justru hasilnya juga akan tampak cakey. Cukup gunakan concealer pada area yang kamu butuhkan dan aplikasikan foundation tipis-tips saja.

6. Kunci foundation dengan bedak yang sesuai dengan jenis kulit.

Tips makeup anticakey agar lebih flawless freepik.com

foto: freepik.com

Pemakaian bedak dapat mengunci foundation agar tahan lama di wajah. Nah biar gak cakey, sesuaikan bedak dengan jenis kulit. Tipe kulit berminyak lebih cocok menggunakan bedak tabur atau loose powder.

Sedangkan untuk kamu yang punya kulit kering, pemakaian bedak padat atau compact powder lebih direkomendasikan. Jika kamu sudah pakai foundation, hindari pemakaian bedak TWC (Two Way Cake) karena mengandung alas bedak. Aplikasi TWC pada wajah yang sudah dipoles foundation bisa bikin makeup jadi makin tebal hingga rentan alami cakey.

7. Semprotkan setting spray.

Tips makeup anticakey agar lebih flawless freepik.com

foto: freepik.com

Setelah selesai makeup, kamu butuh setting spray biar makeup tahan lama. Beri jarak sekitar 20 cm dari wajah atau lebih agar tidak merusak makeup yang sudah dipoles sedemikian rupa.

Dalam keadaan mata tertutup, semprotkan setting spray membentuk huruf T atau X. Dengan begini, kamu nggak perlu touch up sampai berkali-kali karena makeup akan awet di wajah. Setting spray juga berfungsi untuk menyatukan makeup dan menghilangkan kesan cakey, serta memberikan hidrasi tambahan untuk kulit.

8. Gunakan sedikit makeup pada area yang sering retak.

Tips makeup anticakey agar lebih flawless freepik.com

foto: freepik.com

Tips lain yang dapat dicoba adalah menggunakan lebih sedikit makeup pada area-area yang sering mengalami keretakan. Salah satu hal yang membuat makeup terlihat begitu tebal dan cakey adalah keretakan pada makeup. Semakin tebal makeup yang dipakai, semakin mudah pula mengalami keretakan. Gunakan makeup tipis pada area yang mudah retak seperti bawah mata, kerutan di ujung mata, garis senyum, dan area dahi.

9. Jangan tambahkan makeup saat touch up.

Tips makeup anticakey agar lebih flawless freepik.com

foto: freepik.com

Touch up tentunya sering dilakukan saat seseorang merasa makeup sudah geser dan mulai retak. Kunci agar makeup tidak cakey adalah tidak menimpa produk secara terus-menerus. Ketika touch up ada baiknya kamu mengakalinya dengan blending ulang makeup yang sudah ada di tempat-tempat yang perlu diperbaiki. Gunakan spons untuk meratakan kembali makeup yang sudah geser, atau kamu juga bisa menggunkan tangan jika tidak membawa spons.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES