5 Tips memilih shade cushion untuk pemula agar tidak belang, pahami undertone

5 Tips memilih shade cushion untuk pemula agar tidak belang, pahami undertone

Brilio.net - Makeup kini menjadi andalan wanita dalam mempercantik diri. Baik di rumah atau pun luar rumah, makeup menjadi sangat penting. Pasalnya, polesan makeup mampu membuat wajah menjadi lebih fresh dan kin menarik. Namun dibalik kesempurnaan makeup, penggunaan base makeup menjadi hal terpenting.

Base makeup ini memiliki berbagai jenis, mulai dari BB cream, foundation, dan cushion. Beberapa base makeup tersebut memiliki perbedaan seperti terletak pada kemasan. BB cream dan foundation menggunakan tube, sementara itu cushion dikemas dalam wadah compact.

Dari segi tekstur, foundation memiliki tekstur yang paling berat karena memiliki tingkat coverage tinggi. Sedangkan BB cream lebih cair dan ringan. Lalu, cushion memiliki tekstur padat dan berbentuk compact.

Sedangkan, cushion memiliki berbagai kegunaan, diantaranya menjadi pengganti sunscreen karena adanya kandungan SPF. Lalu bisa digunakan sebagai pengganti foundation dan concealer, lantaran cushion memiliki coverage cukup untuk menutupi kekurangan pada wajah.

Ketika menggunakan base makeup tentunya hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu harus mengetahui tekstur dan shade yang cocok dengan warna kulit. Jadi kenali warna kulit kamu terlebih dahulu, pasalnya ini berpengaruh pada hasil makeup.

Maka dari itu kamu harus mengetahui tips memilih shade cushion. Berikut ulasannya yang dilansir briliobeauty.net dari berbagai sumber, Rabu (7/12).

1. Ketahui undertone.

Tips memilih shade cushion untuk pemula Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui undertone dan skintone yang kamu miliki. Perlu kamu ketahui, undertone dan skintone merupakan dua hal yang berbeda. Skintone merupakan warna kulit yang kamu miliki. Sementara undertone merupakan warna kulit dasar yang tidak berubah.

Untuk mengetahui undertone cukup mudah. Kamu bisa melihat pada urat pergelangan tangan kamu. Terdapat tiga jenis undertone, pertama warm merupakan pembuluh nadi yang terlihat hijau. Jenis undertone ini lebih cocok menggunakan cushion dengan warna kuning.

Lalu ada cool undertone, pembuluh nadi yang terlihat berwarna ungu. Warna yang cocok adalah shade berwarna pink. Kemudian ada neutral undertone dengan warna nadi cenderung berwarna campuran biru dan hijau. Jenis undertone ini cocok menggunakan shade kuning dan tidak terlalu pink.

2. Coba terlebih dahulu pada leher atau bahu.

Tips memilih shade cushion untuk pemula Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika penggunaan di tangan belum membuahkan hasil, kamu bisa mencoba cushion terlebih dahulu pada bagian leher atau bahu.

Hal ini perlu dilakukan pasalnya bagian tangan memiliki perbedaan dengan kulit wajah. Ketika diusapkan pada bagian tangan akan berbeda ketika dioleskan pada wajah. Maka dari itu, kamu disarankan untuk mencobanya pada bagian leher atau bahu.

Jika hasilnya cocok shade cushion tersebut tidak membuat kulit belang. Namun, jika tidak cocok bisa menghasilkan makeup dengan warna abu-abu.

3. Pilih warna yang lebih terang.

Tips memilih shade cushion untuk pemula Berbagai sumber

foto: freepik.com

Riasan pada wajah pastinya akan digunakan selama kamu melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, ketika digunakan selama satu hari penuh, cushion biasanya akan berubah warna menjadi gelap. Hal ini dikarenakan base makeup mengalami oksidasi karena terkena panas. Oleh karena itu agar makeup tidak rusak, disarankan menggunakan cushion dengan shade yang lebih terang dari warna kulit.

4. Cari tahu apakah alas bedak teroksidasi.

Tips memilih shade cushion untuk pemula Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tips ini perlu dilakukan, pasalnya beberapa base makeup seperti cushion memiliki sejumlah formula. Terlebih lagi bagi cushion yang memberikan hasil akhir mattifying yang cenderung mengoksidasi atau bisa membuat makeup gelap setelah digunakan berjam-jam. Olah karenanya, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah produk tersebut teroksidasi atau tidak.

5. Lihat review beauty influencer.

Tips memilih shade cushion untuk pemula Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tips yang satu ini dilakukan jika kamu membeli cushion di marketplace. Kamu bisa melihat berbagai review dari beauty influencer yang memiliki skintone dan undertone dengan warna sama atau serupa dengan kulit kamu. Dengan begitu kamu bisa membayangkan shade cushion yang sesuai dengan kamu.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES