4 Cara mudah membuat concealer di rumah, bisa pakai bahan alami

4 Cara mudah membuat concealer di rumah, bisa pakai bahan alami

Brilio.net - Bagi kamu yang sering menggunakan makeup pastinya sudah tidak asing lagi dengan produk yang satu ini. Ya, concealer merupakan salah satu produk makeup yang wajib digunakan karena membantu menyamarkan berbagai permasalahan pada kulit sementara. Dengan menggunakan concealer, riasan menjadi lebih halus, cerah, dan flawless.

Seperti makeup pada umumnya, concealer ini memiliki berbagai jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Terdapat empat jenis concealer, yaitu color corrector, stick, liquid, dan cream.

Berbicara mengenai concealer, produk makeup yang satu ini dibanderol dengan harga yang beragam. Mulai dari termurah, yaitu berkisar Rp 45.000 hingga yang mahal berkisar Rp 300.000. Harganya yang cukup mahal terkadang membuat orang berpikir dua kali untuk membeli concealer.

Walaupun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Kini kamu bisa membuat concealer sendiri di rumah dengan cara yang mudah. Kamu bisa memanfaatkan bahan makeup yang tidak dipakai. Bahkan, kamu bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kamu lho.

Lantas bagaimana cara mudah membuat concealer di rumah? Yuk, simak caranya sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/11).

1. Pelembap dan bedak.

Cara mudah membuat concealer di rumah Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Cara yang pertama kamu bisa memanfaatkan pelembap nonkomedogenik dan bedak yang sudah tidak digunakan. Cara membuat concealer ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menuangkan pelembap tersebut ke wadah kecil. Kemudian, campurkan bedak yang sesuai dengan warna kulit kamu. Jika tidak ada bedak yang sesuai dengan warna kulit, kamu bisa menggunakan bedak dengan warna yang lebih terang maupun gelap.

Setelah dicampurkan aduk hingga tekstur berubah agak tebal dan kental. Dengan begitu, concealer buatan sendiri siap digunakan.

2. Menggunakan bahan alami.

Cara mudah membuat concealer di rumah Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Cara yang kedua kamu bisa memanfaatkan bahan alami. Kamu bisa menggunakan minyak seperti rosehip oil dan seabuckthorn yang bisa mencegah jerawat. Kemudian argan oil yang membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Nah, cara membuat concealer dari bahan alami yaitu sediakan beeswax, cocoa butter, shea butter, minyak alami, dan gel lidah buaya secukupnya. Kemudian, campurkan semua bahan menjadi satu. Lalu aduk hingga merata.

Langkah berikutnya yaitu campurkan bahan tersebut dengan pewarna murni. Nah, pewarna ini bisa kamu beli di toko-toko kecantikan. Kamu bisa menggunakan pewarna yang disesuaikan dengan warna kulit.

3. Foundation dan bedak.

Cara mudah membuat concealer di rumah Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Bahan berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah foundation cair dan bedak yang tidak digunakan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan foundation cair, bedak padat ataupun tabur, spatula atau cotton bud.

Langkah berikutnya yaitu tuangkan foundation cair secukupnya dengan bedak yang telah disiapkan. Lalu aduk menggunakan spatula hingga rata dan tidak menggumpal. Setelah tekstur dari concealer tersebut sudah pas, kamu bisa mencampurkan sunscreen ke dalam bahan tersebut. Kemudian aduk kembali hingga rata hingga mendapatkan tekstur yang pas dan concealer siap digunakan.

4. Petroleum jelly dan bedak padat.

Cara mudah membuat concealer di rumah Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Bahan berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah petroleum jelly dan bedak padat. Nah, cara membuatnya mudah yaitu dengan menuangkan petroleum jelly secukupnya pada wadah kecil. Setelah itu, tambahkan bedak padat yang sudah dihaluskan. Lalu aduk hingga merata hingga tidak menggumpal. Nah, concealer dari petroleum jelly dan bedak padat siap digunakan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES