5 Kesalahan yang sering dilakukan saat menyuci pakaian

5 Kesalahan yang sering dilakukan saat menyuci pakaian

Brilio.net - Masih ingat kisah Zaskia Sungkar yang tangannya iritasi gara-gara nyuci baju sendiri? Ya banyak orang secara tidak sadar, sering melakukan kesalahan ketika melakukan suatu kegiatan.

Saking seringnya, kesalahan malah jadi dianggap kebiasaan. Sama halnya menyuci pakaian. Memang bukan kegiatan yang sulit, namun butuh ketelitian. Sebab, jika tidak teliti dan mengabaikan hal-hal detail, maka pakaian kita tidak akan berumur panjang.

Selain itu, ketika menyuci pakaian menggunakan deterjen, juga harus diperhatikan dengan baik. Sebab, hal ini sangat berkaitan dengan kesehatan. Nah berikut beberapa kesalahan yang sering kita lakukan saat menyuci baju baik menggunakan mesin ataupun menggunakan tangan.

1. Tidak memisahkan pakaian terlebih dahulu

5 Kesalahan yang sering dilakukan saat menyuci pakaian  2021 brilio.net healthline.com

Bagi sebagian orang memisahkan pakaian sebelum menyuci sering dianggap tidak perlu. Padahal, bukan tidak mungkin tanpa memisahkan pakaian justru dapat menyebabkan pakaian tersebut luntur dan rusak. Bukan hanya sesuai warnanya, sebelum menyuci hendaknya kita mengelompokkan pakaian sesuai jenis bahan atau kain. Tujuannya untuk mencegah kerusakan pada serat kain.

2. Tidak membuka kancing pakaian

5 Kesalahan yang sering dilakukan saat menyuci pakaian  2021 brilio.net yellowpages.ca

Membuka kancing saat menyuci pakaian berfungsi untuk mencegah kancing pakaian tersangkut pada saat proses pencucian. Hal kecil seperti ini hanya membutuhkan waktu yang singkat namun dapat membuat umur pakaian kita lebih panjang.

3. Menggunakan pemutih secara berlebihan

5 Kesalahan yang sering dilakukan saat menyuci pakaian  2021 brilio.net oslomet.no

Pemutih berfungsi untuk menghilangkan noda bandel seperti darah atau keringat yang membekas pada pakaian. Sifat pemutih adalah untuk mengoksidasi kotoran yang ada pada pakaian. Jika digunakan untuk pakaian berwarna bisa menghilangkan warna pakaian itu sendiri. Jadi penggunaan pemutih sebaiknya secukupnya dan hanya untuk pakaian yang berwarna putih ya.

4. Terlalu banyak menggunakan deterjen

5 Kesalahan yang sering dilakukan saat menyuci pakaian  2021 brilio.net venetianmarina.co.uk/TR Fotolia

Menggunakan deterjen dengan jumlah banyak bukan berarti lebih ampuh menghilangkan noda pada pakaian. Justru dengan menggunakan deterjen secara berlebih akan membuat busa yang dihasilkan sulit hilang saat proses pembilasan dan jika terpapar, kulit kita akan menjadi kasar dan panas saat bersentuhan langsung dengan deterjen.

Solusinya, gunakan deterjen yang berbahan aktif tumbuhan tanpa Linear Alkyl Benzene Sulphonic Acid (LABSA) yang merupakan asam lemak organik (zat turunan minyak bumi). Sebaiknya memilih deterjen yang mengandung minyak nabati yang didapatkan dari kelapa, kelapa sawit, atau kacang kedelai.

Deterjen yang berbahan dasar tumbuhan menjadi salah satu era baru menyuci pakaian karena sifatnya yang mudah terurai sehingga menjadi ramah lingkungan. Di luar negeri deterjen berbahan tumbuhan sudah lama digunakan.

5. Salah pilih deterjen

5 Kesalahan yang sering dilakukan saat menyuci pakaian  2021 brilio.net laundrapp.com

Saat menyuci pakaian jangan sampai salah pilih deterjen, ya! Karena, rata-rata deterjen konvensional yang beredar di Indonesia mengandung LABSA yang larut dalam air dan diencerkan untuk mengeluarkan panas.

Jika terkena kulit akan terasa panas dan keriput atau pecah-pecah. Jika tidak berhati-hati, LABSA dapat sangat membahayakan. Sebaiknya gunakan produk yang lebih natural agar aman untuk kulit tangan dan lingkungan hidup.

(brl/red)

tags

Advertising
Advertising
STORIES