Perusahaan ini ciptakan sistem anti-pemalsuan produk kosmetik

Perusahaan ini ciptakan sistem anti-pemalsuan produk kosmetik

Brilio.net - Pemalsuan produk kosmetik (counterfeit) sangat sering terjadi di Indonesia. Fenomena ini tentu saja sangat meresahkan. Fakta inilah yang membuat PT Nose Herbalindo, salah satu perusahaan kosmetik yang berlokasi di Jakarta membuat terobosan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Perusahaan ini baru saja menggandeng HK Sense Information Technology Group co. Ltd, perusahaan IT asal Hongkong untuk mengembangkan sistem anti-counterfeit bagi produk-produk kosmetik yang diproduksinya.

Sistem anti-counterfeit ini dikembangkan dengan tujuan untuk memastikan produk kosmetik klien yang beredar di pasaran asli dibuat oleh PT Nose Herbalindo melalui scan barcode dengan kode verifikasi yang hanya bisa digunakan satu kali saja, ujar Budi Sastro, IT PT Nose Herbalindo.

Anti Pemalsuan Kosmetik  2022 brilio.net Instagram @nose_herbalindo

Budi menjelaskan, sistem ini mampu menunjukkan keunikan antara tiap produk yang diterima konsumen. Karena konsumen akan mendapatkan informasi lengkap tentang proses produksi, seperti number of batch, sumber komposisi yang digunakan, kegunaannya, hingga tanggal produksi.

Salah satu produk skincare palsu yang banyak beredar di pasaran adalah The Ordinary. Brand skincare dari Deciem, Kanada ini menawarkan produk-produk skincare untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit.

Tingginya permintaan produk ini dipasaran membuat para oknum nakal mencoba membuat dan menjual produk The Ordinary palsu dengan harga yang jauh lebih murah. Parahnya lagi, penjualan The Ordinary palsu ini banyak dilakukan melalui e-commerce, di mana pembeli tidak dapat membandingkan secara langsung kemasan produk yang asli dan palsu.

Anti Pemalsuan Kosmetik  2022 brilio.net Nose Herbalindo

Inilah yang menjadi alasan utama Nose Herbalindo mengembangkan sistem anti-counterfeit dalam mencegah pemalsuan produk kosmetik milik klien.

Kami akan terus berinovasi dan berharap dapat terus mengembangkan sistem ini dengan fitur-fitur lain. Diharapkan sistem ini dapat diaplikasikan pada produk-produk milik semua klien kami, ujar Ayu, General Manager of Marketing PT Nose Herbalindo.

Salah satu klien Nose Herbalindo yang sudah menerapkan sistem ini adalah Satellite of Glow. Sistem yang dikembangkan Nose sangat bermanfaat dalam membantu konsumen memastikan bahwa produk-produk yang mereka terima itu asli, ungkap Fearli, owner brand Satellite of Glow.

Nah karena sistem ini menggunakan metode verifikasi yang hanya dapat dilakukan satu kali saja, memungkinkan penyalahgunaanya akan jauh lebih kecil.

(brl/red)

tags

Advertising
Advertising
STORIES