Uban dan rambut kusam kembali hitam berkilau hanya pakai hair tonic dari 1 jenis daun

Uban dan rambut kusam kembali hitam berkilau hanya pakai hair tonic dari 1 jenis daun

Brilio.net - Munculnya rambut putih keabu-abuan atau yang biasa disebut dengan uban memang kerap kali menurunkan kepercayaan diri. Uban bukan hanya tumbuh pada orang yang sudah memasuki lanjut usia. Tetapi, beberapa kelompok anak muda juga terkadang memiliki uban. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan pertumbuhan uban di umur yang masih muda.

Rambut akan mengalami siklus mati alami, di mana selanjutnya akan diikuti dengan regenerasi atau pertumbuhan rambut baru. Seiring dengan bertambahnya usia, folikel rambut akan menghasilkan warna yang lebih sedikit. Faktor yang berperan besar terhadap pertumbuhan uban adalah faktor genetik.

Penyebab uban di usia muda sendiri bisa disebabkan oleh faktor genetik, kelainan tiroid, defisiensi nutrisi, gangguan autoimun dan kebiasaan merokok. Sedangkan, ketika seseorang menginjak usia 35 tahun, folikel rambut akan menua dan cenderung menghasilkan rambut putih atau abu-abu untuk menggantikan rambut terakhir yang mati.

Kemunculan uban juga kadang bersamaan dengan kondisi rambut yang tampak kusam dan kurang sehat. Rambut kusam terjadi akibat kurangnya kelembapan pada helai rambut. Karena kekurangan air dan minyak alami, kilau rambut pun hilang. Rambut juga rentan patah, kasar, dan bercabang.

Jika merasa terganggu dengan keberadaan rambut putih tersebut, terutama jika usia masih terbilang muda, apalagi dengan kondisi rambut yang tampak kusam, ada beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang dapat dicoba. Salah satunya seperti unggahan pemilik akun TikTok @putrawiharjo pada (12/2) lalu. Dalam videonya, ia membagikan cara mengatasi uban dan rambut kusam pakai hair tonic dari 1 jenis daun. Daun yang digunakan adalah daun sage.

Cara mengatasi uban dan rambut kusam pakai hair tonic dari 1 jenis daun Berbagai sumber

foto: TikTok/@putrawiharjo

"Uban hilang hanya dengan satu bahan ini," katanya dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @putrawiharjo, Jumat (9/6).

Selain digunakan sebagai rempah dan bumbu makanan, daun sage ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menggelapkan rambut secara alami. Tak terkecuali untuk mengatasi uban. Kandungan pigmen pada daun sage membantu menutupi uban secara alami. Selain itu, sage kaya kandungan antioksidan yang disinyalir dapat membantu mencegah dan mengurangi pembentukan uban baru.

Melansir Bellatory, daun sage bisa menghentikan pertumbuhan uban. Hal ini dikarenakan daun sage bisa menghentikan proses pemudaran pigmen rambut. Daun sage secara alami bisa mengembalikan warna rambut yang hitam. Bahkan daun ini bisa mengatasi rambut kusam kamu, dan mengembalikan kilau alaminya.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES