Uang keluar 0 rupiah, ini trik bikin rambut rontok beruban jadi hitam lebat cuma pakai 1 bumbu dapur

Uang keluar 0 rupiah, ini trik bikin rambut rontok beruban jadi hitam lebat cuma pakai 1 bumbu dapur

Sementara itu, uban atau rambut putih menjadi salah satu tanda penuaan yang dapat dengan mudah dilihat banyak orang. Secara ilmiah, kemunculan uban di rambut pada dasarnya disebapkan hilangnya pigmen warna melanin di folikel rambut akibat berkurangnya produksi sel-sel melanosit seiring bertambahnya umur. Hal ini kemudian menyebabkan warna hitam pada rambut lama-kelaaman akan memudar dan kemudian bertukar menjadi putih keabu-abuan.

Meskipun acap dikaitkan dengan tanda penuaan, uban nyatanya juga dapat muncul lebih cepat. Selain faktor genetik, kekurangan nutrisi, stres, hingga konsumsi rokok banyak ditemukan dapat merusak proses produksi melanin di rambut. Akibatnya, tidak mengherankan bila uban pun bisa dilihat pada orang yang masih berusia muda sekalipun.

Tahu nggak sih kalau kamu bisa mengatasi masalah di atas tanpa mengeluarkan uang sepeser pun untuk membeli produk atau treatment mahal? Ya, salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan kulit bawang merah yang mudah didapatkan di dapur, seperti diperagakan oleh @beauty.and.diy06 yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (23/11).

Uang keluar 0 rupiah  Instagram

foto: freepik.com

Kulit bawang merah memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti sulfur, flavonoid, dan vitamin C. Vitamin C berperan dalam meningkatkan produksi kolagen, yang dapat memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok. Sementara itu, sulfur membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga memberikan nutrisi yang cukup pada folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Komponen flavonoid, di sisi lain, berfungsi melawan radikal bebas yang merusak folikel rambut dan mengurangi peradangan di kulit kepala.

Kulit bawang merah juga mengandung senyawa alami yang disebut katalase. Senyawa ini berperan penting dalam membantu mengurai hidrogen peroksida, sebuah zat yang dapat menyebabkan penuaan dini pada rambut. Dengan mengurangi hidrogen peroksida inilah kemudian kulit bawang dapat membantu memperlambat pertumbuhan uban sekaligus menutrisi rambut secara mendalam untuk mengembalikan pertumbuhan rambut alaminya.

Nah, cara menggunakan bahan di atas ini bisa kamu lihat melalui petunjuk yang tertera di bawah berikut.

Alat dan bahan:

1. 1-2 Buah bawang merah besar
2. 1.5 Gelas air bersih
3. Botol spray kosong

Langkah pengerjaan:

Uang keluar 0 rupiah  Instagram

foto: Instagram/@beauty.and.diy06

1. Tuangkan 1.5 gelas air bersih dalam wajan di atas kompor.
2. Kupaslah 1-2 bawang merah, lalu pisahkan kulitnya dan masukkan dalam wajan berisi air tadi.
3. Rebuslah kulit bawang merah tersebut dengan api kecil selama 10 menit.
4. Setelah dirasa cukup, tutup wajan dan biarkan dingin sementara.
5. Setelahnya, pindahkan larutan ini dalam sebuah botol spray kosong.
6. Semprotkan larutan bawang ini ke area kulit kepala dan pangkal rambut secara merata sembari dipijat-pijat.
7. Diamkan selama 1 jam sebelum dibilas dengan sampo hingga bersih.
8. Gunakan rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/far)

tags

STORIES