Tumbuh kuat dan sehat, ini trik kurangi rambut rapuh dan rontok pakai hair oil dari 1 jenis rempah

Tumbuh kuat dan sehat, ini trik kurangi rambut rapuh dan rontok pakai hair oil dari 1 jenis rempah

Cengkeh merupakan rempah yang lazim digunakan sebagai bumbu masak. Nah, cengkeh sendiri mengandung senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antiseptik.

Kandungan eugenol dalam cengkeh membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan memberi nutrisi pada folikel rambut sehingga dalam prosesnya akan mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, sifat antiseptiknya juga membantu melawan infeksi dan masalah kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut rontok.

pakai hair oil  Instagram

foto: freepik.com

Sementara itu, minyak kelapa sendiri adalah minyak yang kaya akan kandungan asam lemak yang efektif dalam membantu mengunci kelembaban dalam batang rambut, mencegah kekeringan, dan mengurangi kerapuhan batang rambut.

Kandungan vitamin E dan protein di dalamnya dapat membantu memperkuat akar rambut dan mengurangi kerontokan. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang dapat melawan bakteri pada kulit kepala sehingga menjadikan kulit kepala dan rambut lebih sehat dari sebelumnya.

pakai hair oil  Instagram

foto: freepik.com

Di sisi lain, minyak zaitun mengandung banyak komponen vitamin A, E, dan K, serta antioksidan yang dapat membantu memperkuat rambut dan meningkatkan elastisitasnya. Plus, kandungan lemak sehatnya dapat menambah kelembapan alami rambut dan mencegah kerusakan akibat kekeringan yang disebabkan oleh faktor-faktor eksternal.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu olah menjadi hair oil yang memiliki segudang khasiat mengatasi masalah rambut tadi dengan beberapa langkah sederhana saja.

Alat dan bahan:

1. Cengkeh secukupnya
2. 2 sendok makan minyak kelapa
3. 2 sendok makan minyak zaitun
4. Saringan
5. Wadah plastik kecil yang bisa ditutup.

Cara membuat:

pakai hair oil  Instagram

foto: Instagram/@adanwaimo

1. Persiapkan sejumlah biji cengkeh, lalu haluskan dengan blender atau cobek hingga mendapatkan 3 sendok makan bubuk cengkeh tersebut.
2. Masukkan bubuk cengkeh tadi ke dalam wadah kecil.
3. Tuangkan minyak kelapa dan minyak zaitun masing-masing 2 sendok makan ke dalam wadah tersebut.
4. Setelahnya, tutup dan rebuslah wadah berisi campuran tersebut ke dalam wajan berisi air selama 20 menit.
5. Apabila telah mencapai waktunya, matikan kompor dan biarkan hingga cukup hangat.
6. Bukalah tutup wadah tadi dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
7. Saringlah campuran tersebut ke dalam sebuah wadah baru yang bisa ditutup juga (bisa bertahan hingga 3 bulan)
8. Aplikasikan hair oil ini setiap hari ke seluruh kulit kepala dan rambut secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES