Trik perbaiki rambut keriting rusak dan kering pakai 3 bahan alami, jadi lebih halus dan mudah diatur

Trik perbaiki rambut keriting rusak dan kering pakai 3 bahan alami, jadi lebih halus dan mudah diatur

Brilio.net - Perawatan rambut sebaiknya dilakukan sesuai dengan jenisnya. Faktor genetik memainkan peran dalam memengaruhi ketebalan dan struktur rambut, entah itu lurus, ikal, atau keriting. Selain faktor genetik, karakteristik rambut juga dipengaruhi hormon, nutrisi, perawatan, atau penggunaan bahan kimia. Dari ketiga jenis rambut tersebut, rambut keriting merupakan salah satu jenis rambut yang paling sulit perawatannya.

Perawatan rambut keriting tidak semudah merawat rambut lurus, sebab rambut yang keriting cenderung lebih mudah kusut dan lebih sulit diatur. Apalagi jika rambut keriting cenderung kering, kamu perlu tahu cara mengatasi rambut kering agar tetap lembut terawat. Rambut kering biasanya disebabkan oleh udara dingin, salah menggunakan produk rambut atau sering melakukan styling rambut.

Sebenarnya perawatan rambut kering pada rambut keriting tidak jauh berbeda dengan perawatan pada umumnya. Kamu hanya perlu menggunakan berbagai produk haircare khusus untuk mengatasi rambut kering dan merawat rambut keriting agar tidak kusut dan mudah diatur. Selain menggunakan berbagai produk haircare, kamu juga bisa melakukan perawatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @rose.friederike pada 26 Mei 2021 lalu. Dalam video yang diunggah tersebut pemilik akun tersebut membagikan trik perbaiki rambut keriting rusak dan kering pakai 3 bahan alami.

Bahan alami yang digunakan adalah madu, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Selain bahan-bahan alami tersebut pemilik akun juga menambahkan kondisioner dalam hair mask buatannya.

"DIY curly hair mask (Cara membuat masker rambut keriting)," tulis pemilik akun dalam video unggahan yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @rose.friederike, Selasa (21/3).

Manfaat madu untuk rambut memang bukan isapan jempol semata. Madu mengantongi beragam kandungan, seperti mineral, vitamin, protein, serta antioksidan. Salah satu manfaat utama madu untuk rambut adalah kemampuannya dalam melembapkan rambut. Sebagai humektan, madu terikat baik dengan molekul air, sehingga dapat menambah kelembapan pada helaian rambut yang kering.

Trik perbaiki rambut keriting rusak dan kering pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sementara itu, minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat bekerja sebagai pelembap rambut apabila digunakan sebelum keramas. Kandungan tersebut juga terbukti lebih ampuh dalam mencegah rambut kehilangan protein. Asam laurat juga membuat minyak kelapa mudah diserap ke dalam batang rambut, sehingga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi, khususnya pada rambut keriting.

Begitupun dengan minyak zaitun mengandung asam oleat dan asam palmitat yang dipercaya dapat melapisi dan menutrisi lapisan luar rambut, sehingga membuat rambut menjadi lebih lembap, halus, dan mudah diatur. Penambahan kondisioner pada hair mask juga dapat membantu melembapkan dan membuat rambut gampang diatur. Kondisioner dengan semua nutrisi yang ada di dalamnya juga bisa memperbaiki tekstur rambutmu jadi lebih lembut.

Tak hanya itu saja, kondisioner juga dipercaya dapat melindungi kutikula rambut. Ketika rambut kurang nutrisi, kutikula menjadi terbuka dan hal ini yang menyebabkan rambut kusut. Rajin mengaplikasikan kondisioner bisa mencegah rambut jadi kusut.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES