Tanpa spray pewarna rambut, ini cara bikin uban pudar dan kembali hitam pakai 1 jenis daun

Tanpa spray pewarna rambut, ini cara bikin uban pudar dan kembali hitam pakai 1 jenis daun

Nah, daripada begitu, kamu yang menghadapi masalah ini mendingan mencoba memperlambat dan mengurangi kemunculan uban dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu bahan yang dibutuhkan adalah daun kari. Sebagaimana diketahui, daun kari kaya akan senyawa seperti karisilin, yang secara efektif merangsang produksi melanin dalam folikel rambut. Selain itu, komponen vitamin A di dalam daun ini juga berperan penting dalam mendukung regenerasi sel rambut baru yang sehat. Plus, daun kari juga mengandung zat besi yang membantu pemenuhan nutrisi dan aliran darah ke area folikel rambut, sehingga dalam prosesnya dapat mengurangi pemutihan warna rambut.

spray pewarna rambut  Instagram

foto: freepik.com

Lantas, bagaimana memanfaatkan daun kari untuk membuat uban pudar dan kembali hitam? Caranya sempat diperagakan oleh akun Instagram @sunainamalik_. Ia mencoba ramuan alami untuk uban yang memanfaatkan daun kari bersama biji fenugreek dan minyak kelapa.

spray pewarna rambut  Instagram

foto: freepik.com

Biji fenugreek merupakan sejenis rempah yang kaya akan protein dan asam amino. Kandungan 2 komponen ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus produksi melanin dalam folikel rambut. Melalui stimulasi peningkatan produksi melanin ini, biji fenugreek kemudian dapat membantu menjaga warna asli rambut dan mengurangi munculnya uban di kepala.

spray pewarna rambut  Instagram

foto: freepik.com

Sedangkan minyak kelapa mengandung asam lemak rantai medium yang dapat menembus batang rambut dan memberikan nutrisi secara mendalam untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, minyak kelapa juga secara aktif membantu menjaga kelembapan alami rambut, mencegah kerusakan, dan meminimalkan risiko munculnya penuaan dini pada rambut. Hal ini dalam prosesnya akan membantu tumbuhnya rambut yang lebih sehat dan mengurangi kemunculan uban sebelum waktunya.

Lebih lanjut, simak yuk petunjuk penggunaan ketiga bahan di atas sebagaimana dilansir briliobeauty.net dariInstagram @sunainamalik_, Selasa (12/12).

Alat dan bahan:

1. Daun kari secukupnya
2. Biji fenugreek secukupnya
3. Minyak kelapa secukupnya
4. Blender dan alat saring
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

spray pewarna rambut  Instagram

foto: Instagram/@sunainamalik_

1. Masukkan beberapa helai daun kari dan segenggam fenugreek di atas wajan.
2. Panaskan keduanya hingga berubah warna menjadi kecokelatan.
3. Setelahnya, blenderlah kedua bahan tersebut hingga membentuk bubuk halus.
4. Tuangkan sedikit minyak kelapa dan bubuk tadi dalam wajan, lalu panaskan hingga mendidih sembari diaduk.
5. Bila dirasa cukup, saringlah minyaknya dalam wadah dan tunggu hingga mendingin.
6. Aplikasikan minyak tersebut dari pangkal hingga ujung rambut sembari dipijat selama beberapa saat.
7. Diamkan selama kurang lebih 1 jam sebelum dibilas hingga bersih dengan sampo.

(brl/tin)

tags

STORIES