Tanpa pewarna sintetis, ini trik bikin rambut penuh uban kembali hitam merata pakai 1 jenis minuman

Tanpa pewarna sintetis, ini trik bikin rambut penuh uban kembali hitam merata pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Pada dasarnya, rambut menjadi penunjang penampilan seseorang. Oleh karenanya, kesehatan dan keindahannya harus benar-benar dijaga. Rambut yang sehat akan terlihat berkilau, lembut, dan mudah diatur. Sebaliknya, rambut yang tidak sehat akan terlihat kusam, kering, rapuh, dan mudah rontok. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut, seperti genetik, pola makan, gaya hidup, penataan rambut, dan perawatan rambut.

Namun tak hanya itu saja, munculnya uban juga membuat sejumlah orang risau. Pasalnya, tak sedikit penampilan menjadi tampak lebih tua. Pada dasarnya, uban identik dengan faktor penuaan. Dimana berkurangnya produksi melanin, atau pigmen warna, dalam folikel rambut seiring bertambahnya usia. Lama-kelamaan, proses ini membuat pasokan warna yang dibawa ke rambut berkurang dan memunculkan warna putih tersebut.

Walaupun identik dengan faktor penuaan, uban juga bisa muncul pada mereka yang masih muda. Menurut salah satu penelitian jurnal Nature Medicine pada 2013, paparan sinar UV dari matahari dan kondisi stress dapat merusak folikel rambut dan mempercepat terjadinya penuaan 3 kali lipat. Tak hanya itu, kekurangan asupan vitamin dan mineral juga berpotensi membuat uban bisa timbul di usia dini.

Jika kamu ingin mengurangi pertumbuhan uban, nggak perlu sampai menggunakan pewarna rambut kimia. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan alami saja sebagai solusi alternatif yang efektif mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran bubuk kopi dengan jintan hitam dan minyak jarak, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Selasa (5/12) dari Instagram @priyalsethiyaofficial.

Tanpa pewarna sintetis  Instagram

Tanpa pewarna sintetis
freepik.com

Bubuk kopi kaya akan kandungan senyawa kafein. Dikenal sebagai antioksidan kuat, kandungan ini dapat membantu melawan pengaruh stres oksidatif sekaligus merangsang produksi melanin pada rambut. Selain itu, bubuk kopi juga dapat membantu memperkuat akar rambut dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hal ini dapat memperlambat proses munculnya uban dan menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Tanpa pewarna sintetis  Instagram

Tanpa pewarna sintetis
freepik.com

Jintan hitam pada dasarnya kaya akan kandungan seperti thymoquinone yang memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga dapat membantu melawan radikal bebas perusak melanin dalam folikel rambut. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3, vitamin B, dan mineral dalam jintan hitam juga membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, mempromosikan kesehatan folikel rambut, dan mendorong produksi melanin.

Tanpa pewarna sintetis  Instagram

Tanpa pewarna sintetis
freepik.com

Minyak jarak mengandung asam lemak omega-9 dan omega-6 yang memberikan nutrisi penting bagi folikel rambut. Selain itu, senyawa seperti ricinoleic acid di dalamnya membuat minyak jarak efektif menguatkan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru, sehingga menjaga rambut tetap sehat serta menghindari kemunculan uban dengan cepat.

Kamu bisa memanfaatkan ketiga bahan di atas dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 sendok teh bubuk jintan hitam
2. 1 sendok teh bubuk kopi
3. 2 sendok teh minyak jarak (castor oil)
4. Sampo favaritmu yang biasa digunakan
5. Air secukupnya

Langkah pengerjaan:

Tanpa pewarna sintetis  Instagram

Tanpa pewarna sintetis
Instagram/@priyalsethiyaofficial

1. Panaskan 4 sendok teh biji jintan hitam di atas wajan selama beberapa menit
2. Haluskan biji jintan hitam dengan blender atau ulekan
3. Ambil dan masukkan 2 sendok teh bubuk jintan hitam dalam wadah kecil
4. Tambahkan 1 sendok bubuk kopi
5. Tuangkan pula 2 sendok teh minyak jarak dalam wadah
6. Tambahkan sedikit sampo favoritmu dengan sedikit air bersih, lalu campurkan dengan seluruh bahan tadi
7. Setelah diaduk rata, gunakan larutan ini untuk membasuh rambutmu secara menyeluruh seperti keramas biasa
8. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/ola)

tags

STORIES