Tanpa pewarna sintetis, ini trik bikin rambut penuh uban kembali hitam merata pakai 1 jenis minuman

Tanpa pewarna sintetis, ini trik bikin rambut penuh uban kembali hitam merata pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Pada dasarnya, rambut menjadi penunjang penampilan seseorang. Oleh karenanya, kesehatan dan keindahannya harus benar-benar dijaga. Rambut yang sehat akan terlihat berkilau, lembut, dan mudah diatur. Sebaliknya, rambut yang tidak sehat akan terlihat kusam, kering, rapuh, dan mudah rontok. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut, seperti genetik, pola makan, gaya hidup, penataan rambut, dan perawatan rambut.

Namun tak hanya itu saja, munculnya uban juga membuat sejumlah orang risau. Pasalnya, tak sedikit penampilan menjadi tampak lebih tua. Pada dasarnya, uban identik dengan faktor penuaan. Dimana berkurangnya produksi melanin, atau pigmen warna, dalam folikel rambut seiring bertambahnya usia. Lama-kelamaan, proses ini membuat pasokan warna yang dibawa ke rambut berkurang dan memunculkan warna putih tersebut.

Walaupun identik dengan faktor penuaan, uban juga bisa muncul pada mereka yang masih muda. Menurut salah satu penelitian jurnal Nature Medicine pada 2013, paparan sinar UV dari matahari dan kondisi stress dapat merusak folikel rambut dan mempercepat terjadinya penuaan 3 kali lipat. Tak hanya itu, kekurangan asupan vitamin dan mineral juga berpotensi membuat uban bisa timbul di usia dini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES