Kembali hitam tanpa semir, ini trik menyamarkan tampilan uban pakai 1 jenis umbi-umbian

Kembali hitam tanpa semir, ini trik menyamarkan tampilan uban pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Uban di kepala memang hal yang wajar saat seseorang sudah memasuki usia lanjut. Ini terjadi karena produksi melanin dalam folikel rambut mengalami penurunan. Sehingga rambut tumbuh tanpa pigmen warna karena regenerasinya juga mulai melambat. Namun nyatanya, tumbuhnya uban tak hanya disebabkan oleh faktor usia saja.

Ada banyak faktor lain yang juga dapat memicu munculnya uban, bahkan uban bisa tumbuh di usia dini. Beberapa faktor di antaranya adalah genetik, stres, gaya hidup, kurangnya perawatan rambut, sering melakukan styling dan mewarnai rambut, serta seringnya terpapar sinar matahari.

Meski menjadi kondisi yang umum dialami, namun banyak orang merasa kurang percaya diri dengan adanya uban. Sehingga, tak sedikit yang mencari cara untuk menyamarkan tampilan uban. Salah satunya adalah dengan bahan-bahan alami. Kembali hitam tanpa semir, karena pemilik akun TikTok @maryyam32 pada 17 November 2023, justru memakai 1 jenis umbi-umbian. Umbi yang dimaksud adalah wortel. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu lemon, bubuk kopi, serta amla oil (minyak amla) dan atau minyak kelapa.

"Treating gray hair permanently without dyes and natural ingredients (Merawat uban secara permanen tanpa pewarna dan hanya bahan alami)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @maryyam32, Selasa (5/12).

Menyamarkan tampilan uban Berbagai sumber

foto: freepik.com

Wortel adalah umbi-umbian yang kerap kali dijadikan bahan masakan. Selain rasanya yang enak, wortel juga memiliki beragam vitamin yang baik untuk kesehatan. Tak terkecuali untuk kesehatan rambut. Salah satunya adalah mengatasi uban. Wortel bisa memberikan efek kemerahan pada rambut sekaligus menyingkirkan uban. Tak hanya sampai situ, wortel juga mengandung vitamin esensial dan beta-karoten yang dapat melindungi dan meremajakan rambut.

Sedangkan lemon memiliki kandungan vitamin C yang dipercaya mampu mengatasi uban. Lemon juga mengandung vitamin B serta mineral fosfor yang sangat penting untuk memelihara sel-sel pigmen pada folikel rambut dan membantu menghilangkan uban.

Bubuk kopi juga efektif untuk menyamarkan tampilan uban. Kopi akan bermanfaat jika kamu ingin mewarnai rambut beruban atau menggelapkan warna rambut secara alami. Kopi memiliki pigmen gelap, sehingga bisa berperan sebagai noda pada rambut. Ini adalah cara yang bisa kamu coba untuk menyamarkan tampilan uban dan memiliki rambut cokelat atau hitam merata.

Sementara minyak amla dan minyak kelapa sama-sama memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu melembapkan dan mencegah uban tumbuh lebih banyak.

Menyamarkan tampilan uban Berbagai sumber

foto: TikTok/@maryyam32

Dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat masker rambut yang dipercaya mampu menyamarkan tampilan uban. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1 buah wortel
2. 1/2 buah perasan lemon
3. 1 sendok makan bubuk kopi
4. 1 sendok makan minyak amla atau minyak kelapa

Menyamarkan tampilan uban Berbagai sumber

foto: TikTok/@maryyam32

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci wortel sampai bersih
2. Parut wortel hingga halus kemudian peras dan saring sari atau airnya
3. Tambahkan perasan lemon dan bubuk kopi pada sari wortel
4. Aduk ketiganya sampai tercampur merata, lalu tambahkan minyak amla atau minyak kelapa
5. Aduk kembali hingga benar-benar merata
6. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh, pijat-pijat kulit kepala selama 3 menit agar masker meresap
7. Diamkan selama 1 jam lalu bilas menggunakan sampo dan kondisioner
8. Gunakan masker ini secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang hitam merata tanpa semir.

@maryyam32

Treating gray hair permanently without dyes and natural ingredients

3 minutes ver Ukiuki Whistling Ukulele Whistling(1009520) - Aruma

(brl/wen)

tags

STORIES