Tanpa cuka dan garam, beauty vlogger ini perlihatkan cara hilangkan kutu rambut gunakan 1 bahan rempah

Tanpa cuka dan garam, beauty vlogger ini perlihatkan cara hilangkan kutu rambut gunakan 1 bahan rempah

Jahe mengandung senyawa-senyawa seperti gingerol dan zingiberen yang memiliki sifat antimikroba. Kandungan tersebut dapat membantu membersihkan kulit kepala dari bakteri dan jamur. Jahe juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan iritasi kulit kepala yang disebabkan oleh gigitan kutu rambut.

Sedangkan air lemon mengandung asam sitrat, yang memiliki sifat antiseptik dan membantu membersihkan kulit kepala dari kuman. Tak cuma itu, sifat antiseptik juga bisa membunuh bakteri, sehingga kulit kepala tetap terjaga kesehatannya. Di sisi lain, bau yang kuat dari jahe dan lemon diyakini dapat membantu mengusir kutu rambut. Meskipun secara langsung tidak membunuh mereka, tetapi bisa menjadi penghalang untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Tertarik untuk menggunakan bahan-bahan di atas? Yuk simak langkah-langkahnya yang briliobeauty.net lansir dari kanalYouTube @smbeautylandstudio2, Rabu (20/3).

Bahan:

perlihatkan cara hilangkan kutu rambut  berbagai sumber

foto: YouTube/@smbeautylandstudio2

- 2 sendok makan jus jahe

- 2 sendok makan jus lemon

- 1/2 gelas air putih

- Sampo.

Cara membuat:

perlihatkan cara hilangkan kutu rambut  berbagai sumber

foto: YouTube/@smbeautylandstudio2

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Tuangkan jus jahe dan lemon ke dalam mangkuk
3. Campurkan dengan sampo yang biasa kamu gunakan
4. Tuangkan air putih
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan berbusa
6. Kombinasi sampo dengan bahan alami, siap digunakan untuk hempaskan kutu rambut.

Cara menggunakan:

perlihatkan cara hilangkan kutu rambut  berbagai sumber

foto: YouTube/@smbeautylandstudio2

1. Aplikasikan kombinasi sampo pada rambut dan kulit kepala
2. Pijat-pijat selama dua menit
3. Bilas rambut menggunakan air biasa
4. Ulangi treatment ini secara rutin, agar kutu rambut hilang tak tersisa.

Manfaat jahe untuk kesehatan rambut

Selain dijadikan sebagai bahan rempah dan biasa digunakan sebagai minuman penghangat tubuh, jahe mempunyai manfaat lain bagi kesehatan kulit kepala. Dilansir dari hindustantimes.com, Rabu (20/3) jahe mengandung zat-zat yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Dengan meningkatkan aliran darah ke akar rambut, jahe dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru.

Sifat antiseptik jahe membantu membersihkan kulit kepala dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi atau infeksi. Tak cuma itu, jahe membantu mencegah kerontokan rambut yang disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang tidak sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe mengandung senyawa yang dapat menghambat aktivitas dihidrotestosteron (DHT), hormon yang terkait dengan kerontokan rambut dan kebotakan pada pria. Penggunaan jahe secara teratur dapat membantu mengendalikan kerontokan dan mencegah kebotakan.

(brl/psa)

tags

Advertising
Advertising
STORIES