Tanpa aplikasikan semir, ini cara menutupi uban di kepala pakai masker rambut dari 1 bahan fermentasi

Tanpa aplikasikan semir, ini cara menutupi uban di kepala pakai masker rambut dari 1 bahan fermentasi

Nah, jalan alternatifnya kamu bisa lho mengganti cat rambut dengan masker yang terbuat dari bahan alami. Hanya butuh empat bahan, yakni henna, indigo, jatamansi, dan yoghurt.

Henna adalah tanaman yang daunnya biasa digunakan untuk menghasilkan pewarna alami. Pewarna alami dari henna diperoleh dari daunnya yang dikeringkan lalu dihaluskan menjadi bubuk. Bahan alami ini memiliki sifat kondisioner sehingga bisa membuat rambut lebih kuat, lembut, dan berkilau.

Bahan berikutnya adalah indigo (Indigofera tinctoria). Bahan ini merupakan tumbuhan yang juga digunakan sebagai pewarna alami untuk rambut. Biasanya digunakan bersama dengan henna untuk menciptakan warna yang berbeda pada rambut. Perlu kamu ketahui, bahan ini memberikan warna biru ke hitaman ketika digunakan bersama dengan henna. Campuran ini sering digunakan untuk mendapatkan warna cokelat gelap atau hitam pada rambut.

Sedangkan bahan berikutnya yaitu jatamansi (Nardostachys jatamansi), yang berasal dari tumbuhan herbal. Biasanya sering digunakan dalam pengobatan tradisional dan perawatan rambut. Karena jatamansi memiliki sifat merangsang pertumbuhan rambut baru, menjaga kesehatan folikel rambut, serta mencegah munculnya uban.

Bahan tambahan yang terakhir yaitu yoghurt. Bahan fermentasi satu ini memiliki kandungan berupa asam laktat yang bisa melembapkan dan menghidrasi rambut. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu mengurangi masalah ketombe pada kulit kepala. Dilansir dari Healthline, yoghurt ini memiliki kandungan protein yang bisa mencegah munculnya uban.

Tertarik untuk menggunakan masker alami dari bahan-bahan di atas untuk menutupi uban di kulit kepala? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube sheediysecrets, Kamis (14/12).

Bahan-bahan:

menutupi uban di kepala berbagai sumber

foto: YouTube/sheediysecrets

1. 1 sendok makan henna powder
2. 1 sendok makan indigo powder
3. 1 sendok makan jatamansi powder
4. 1 gelas kecil air putih
5. 1 sendok makan yoghurt.

Cara membuat:

menutupi uban di kepala berbagai sumber

foto: YouTube/sheediysecrets

1. Masukkan henna, indigo, dan jatamansi ke mangkuk
2. Tuang air putih ke dalam mangkuk
3. Campurkan dengan yoghurt
4. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata
5. Masker siap digunakan.

Cara menggunakan:

menutupi uban di kepala berbagai sumber

foto: YouTube/sheediysecrets

1. Oleskan masker pada seluruh kulit kepala dan rambut
2. Diamkan kurang lebih 15 hingga 20 menit
3. Bilas masker menggunakan air biasa dan sampo
4. Keringkan menggunakan handuk atau hairdryer
5. Gunakan trik ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(brl/lut)

tags

STORIES