Tak perlu tambahan henna, begini trik hitamkan kembali rambut beruban dengan 1 jenis kulit bumbu dapur

Tak perlu tambahan henna, begini trik hitamkan kembali rambut beruban dengan 1 jenis kulit bumbu dapur

Brilio.net - Uban adalah rambut yang warnanya menjadi putih ketika seseorang mulai menua. Tumbuhnya uban diakibatkan oleh penurunan metabolisme pada diri seseorang. Seiring bertambahnya usia, sel pigmen pada folikel rambut akan berkurang sehingga batang rambut tidak lagi mengandung melanin.

Dikutip dari Medlineplus, folikel rambut memproduksi lebih sedikit melanin seiring bertambahnya usia dan akhirnya mengakibatkan warna rambut menjadi putih atau abu-abu. Namun, uban juga dapat tumbuh di kepala orang yang masih muda. Hal ini bisa terjadi karena faktor genetik hingga stres. Uban yang mulai tumbuh di usia muda bisa menurunkan kepercayaan diri.

Biasanya untuk menutupi hal tersebut, mewarnai rambut adalah metode yang dipilih. Namun, bahan kimia dalam pewarna rambut justru dapat merusak kesehatan rambut. Sebagai solusinya, lebih baik kamu memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membantu menghitamkan rambut yang putih karena uban.

Tak perlu tambahan henna, karena ada bahan alami lain yang efektif untuk menghitamkan kembali rambutmu yang beruban. Seperti unggahan dari akun TikTok @riyarashviya05 pada 25 Maret 2023.

Unggahan tersebut berisi tentang trik hitamkan kembali rambut beruban dengan 1 jenis kulit bumbu dapur. Kulit bumbu dapur yang dimaksud adalah kulit bawang putih. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk jintan hitam dan minyak kelapa.

"White Hair turn to Black Hair Permently In 30 Days (Rambut Putih Menjadi Hitam Secara Permanen Dalam 30 Hari)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @riyarashviya05, Jumat (8/9).

Hitamkan rambut uban dengan 1 jenis kulit bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bukan hanya sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut. Mengutip dari Style Craze, bawang putih memiliki senyawa aktif yang bisa membuat pigmen rambut kembali memproduksi rambut hitam.

Tak cuma bawangnya saja, namun kulitnya pun juga tak kalah bermanfaat dengan isinya. Pasalnya, kandungannya pun tak jauh berbeda dengan kandungan bawang putih pada umumnya. Kulit bawang putih juga mengandung vitamin C, B1, B6, magnesium, fosfor, biotin dan belerang yang ternyata ampuh untuk menghilangkan uban di rambut.

Sementara itu, jintan hitam mempunyai manfaat untuk menghitamkan rambut secara alami. Konsentrasi tinggi asam linoleat dalam jintan hitam diklaim membantu mencegah pengurangan melanin atau pigmen dalam sel rambut, dengan demikian mencegah rambut beruban secara dini. Mengaplikasikannya secara rutin ke kulit kepala juga dapat menjaga rambut tetap berkilau untuk waktu yang lama.

Tak terkecuali dengan minyak kelapa yang sudah dikenal manfaatnya untuk mengatasi uban. Pasalnya minyak kelapa memiliki polifenol (antioksidan) dan vitamin E. Bagus untuk regenerasi sel serta meningkatkan kolagen (kehitaman) rambut. Asam lemak, vitamin, dan antioksidan di dalamnya bisa membantu mempertahankan kadar protein dan memberi asupan nutrisi untuk mencegah lunturnya melanin atau zat warna rambut.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES