Tak perlu smoothing, begini cara menghidrasi rambut kering agar kembali lembut pakai 1 jenis buah

Tak perlu smoothing, begini cara menghidrasi rambut kering agar kembali lembut pakai 1 jenis buah

Dalam unggahan yang berdurasi 43 detik tersebut pemilik akun membagikan cara menghidrasi rambut kering agar kembali lembut pakai 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah alpukat. Bukan hanya alpukat saja, karena pemilik akun juga menggunakan bahan lain yaitu lidah buaya.

Cara menghidrasi rambut kering agar kembali lembut pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat alpukat untuk rambut ada banyak berkat kandungan antioksidan dan nutrisi yang cukup tinggi di dalamnya, seperti lemak sehat, vitamin C, vitamin E, biotin, protein, folat, dan zinc. Nutrisi-nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menjaga rambut tetap sehat.

Alpukat mengandung minyak alami dan lemak sehat, termasuk asam oleat, yang dapat menjaga kelembapan rambut. Manfaat alpukat yang satu ini baik untuk mengatasi dan mencegah masalah rambut kering. Bahkan, penggunaan alpukat bisa membuat rambut menjadi lebih bercahaya dan sehat.

Journal of Cosmetology and Trichology menyebutkan bahwa manfaat alpukat untuk rambut adalah menyehatkannya secara keseluruhan. Buah ini kaya akan vitamin B, vitamin yang berperan penting untuk kesehatan rambut. Vitamin E dan lemak tak jenuh yang terkandung di dalam alpukat juga tepat untuk perawatan rambut. Rambut makin kuat, lembut, dan sehat.

Sedangkan lidah buaya, merupakan tanaman berdaun tebal dengan tekstur daging buah yang menyerupai gel. Lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad untuk mangatasi berbagai masalah kulit dan rambut. Dikutip dari berbagai sumber, lidah buaya kaya akan kandungan vitamin A, C, E, B12, dan kolin. Kandungan itu sangat baik untuk rambut khususnya yang mengalami masalah rambut rontok dan kering.

Orang yang pernah melakukan smoothing, rebonding atau pernah terpapar zat kimia biasanya akan cenderung kering. Manfaat lidah buaya untuk rambut smoothing yakni sebagai kondisioner dan juga sebagai pelembap rambut. Nah, kedua bahan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat masker rambut guna menghidrasi rambutmu yang kering. Berikut cara membuatnya.

Cara menghidrasi rambut kering agar kembali lembut pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@zolaamari

Bahan:

1. 1 Batang lidah buaya.
2. 1 Buah alpukat matang.

Cara membuat:

1. Potong-potong lidah buaya menjadi bagian yang lebih kecil.
2. Rendah lidah buaya pada air bersih untuk menghilangkan kotoran dan getahnya.
3. Potong alpukat menjadi 2 bagian lalu ambil dagingnya.
4. Masukkan alpukat pada blender lalu tambahkan gel lidah buaya yang sudah dipisahkan dari kulitnya.
5. Haluskan kedua bahan tersebut menggunakan blender sampai bertekstur seperti pasta.
6. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh dan diamkan selama 30-40 menit.
7. Bilas menggunakan air sampai bersih lalu lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner.
8. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Cara menghidrasi rambut kering agar kembali lembut pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@zolaamari

Cara menghidrasi rambut kering agar kembali lembut pakai 1 jenis buah ini viral. Hingga artikel ditulis, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @zolaamari (19/6), video tersebut sudah ditonton sebanyak 13,1 ribu kali dan memperoleh hingga 423 likes.

@zolaamari Replying to @melodey96 here you go #diyhairmask #diyhairmaskforhairgrowth #curlyhair #naturalhair #hairtok2021 Sunny Day - Ted Fresco

(brl/far)

tags

STORIES