Tak perlu semir kimia, ini trik menunda tumbuhnya uban prematur pakai masker dari 1 jenis biji-bijian

Tak perlu semir kimia, ini trik menunda tumbuhnya uban prematur pakai masker dari 1 jenis biji-bijian

Seperti dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @clinicayurveda pada 19 Desember 2022. Dalam videonya ia menggunakan masker dari 1 jenis biji-bijian sebagai trik menunda tumbuhnya uban prematur. Biji-bijian yang dimaksud adalah biji wijen hitam. Tak hanya itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu hair oil dan daun kari.

"Black sesame for Premature Greying (Wijen hitam untuk Rambut Beruban Dini)," tulis sang pemilik akun dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @clinicayurveda, Selasa (12/3).

Kandungan biji wijen hitam untuk mengatasi uban prematur.

Menunda tumbuhnya uban prematur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Wijen hitam adalah salah satu jenis biji-bijian yang sering digunakan sebagai taburan pada makanan penutup. Meskipun kecil, biji-bijian tersebut memiliki kandungan berbagai nutrisi, sehingga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, baik untuk kulit maupun rambut.

Bahan ini memiliki kandungan penting seperti zat besi dan tembaga. Kedua kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang berfungsi merangsang pigmentasi beberapa bagian tubuh. Termasuk menjaga rambut tetap hitam dan mencegahnya agar tidak cepat beruban, sehingga bisa menunda munculnya uban prematur.

Manfaat hair oil untuk uban.

Hair oil merupakan hair care yang diformulasikan untuk menutrisi dan memberi kelembapan ekstra untuk rambut dan kulit kepala. Ada berbagai jenis hair oil yang bisa kamu gunakan. Seperti minyak zaitun, minyak kelapa, castor oil, hingga minyak jojoba. Berbagai jenis hair oil tersebut memiliki kandungan utama vitamin E dan antioksidan yang efektif untuk menjaga kesehatan rambut. Oleh karena itu, penurunan kadar melanin pada folikel rambut bisa ditunda.

Ternyata daun kari bisa mengatasi uban prematur.

Daun kari adalah salah satu bahan penyedap masakan yang memiliki rasa khas dan aroma yang kuat, sehingga akan membuat setiap masakan jadi lebih lezat. Meski begitu, ternyata daun kari juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk merawat kesehatan rambut. Salah satunya adalah menunda tumbuhnya uban prematur.

Ini berkat kandungan antioksidan dan vitamin B di dalamnya yang akan merangsang produksi melanin rambut. Mengutip dari Indian Express, daun kari dapat memberi akar rambut dorongan nutrisi yang sangat dibutuhkan, sehingga uban dapat berhenti dan rambut baru yang tumbuh akan memiliki tekstur yang lebih sehat.

Usai mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang sudah disebutkan, kini saatnya kamu menyimak cara membuat hair mask atau masker rambut yang dipercaya mampu menunda tumbuhnya uban prematur. Ini cara membuat dan menggunakannya.

Menunda tumbuhnya uban prematur Berbagai sumber

foto: TikTok/@clinicayurveda

Bahan:

- 1 cup hair oil
- 1 sendok teh biji wijen hitam
- 2 tangkai daun kari

Cara membuat dan menggunakan:

1. Masukkan hair oil pada panci
2. Tambahkan biji wijen hitam dan daun kari
3. Panaskan dengan api kecil selama 15 menit sampai mendidih
4. Matikan kompor kemudian diamkan sampai dingin
5. Saring kemudian ambil minyaknya saja
6. Celupkan kapas pada hair mask buatanmu lalu gosokan pada seluruh bagian akar rambut dan ujung rambut

Menunda tumbuhnya uban prematur Berbagai sumber

foto: TikTok/@clinicayurveda

7. Pijat-pijat selama 5 menit agar lebih meresap
8. Gulung rambut lalu diamkan selama semalaman
9. Bilas saat pagi harinya menggunakan sampo dan kondisioner
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang bebas uban prematur

@clinicayurveda

original sound - Yuva king - Y U V A N _ 2 3 7 8

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES