Tak perlu semir, ini cara hitamkan uban dan rambut kemerahan akibat sinar matahari pakai 1 jenis daun

Tak perlu semir, ini cara hitamkan uban dan rambut kemerahan akibat sinar matahari pakai 1 jenis daun

Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @hodabeauty02 pada 11 April 2022. Dalam video unggahan tersebut, pemilik akun memberikan cara hitamkan uban dan rambut kemerahan akibat sinar matahari pakai 1 jenis daun. Daun yang digunakan adalah daun kari. Selain daun kari, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa, biji fenugreek, dan jintan.

"Curry Leaves Hair Oil for Prevents Hair Loss, Premature Greying, Dandruff (Hair Oil Daun Kari untuk Mencegah Rambut Rontok, Beruban Dini, Ketombe)," katanya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @hodabeauty02, Selasa (25/7).

Cara hitamkan uban dan rambut kemerahan akibat sinar matahari pakai 1 jenis daun  Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya sebagai bahan penyedap pada makanan, daun kari mengandung antioksidan dan vitamin B kompleks yang bekerja bersama-sama untuk mengembalikan pigmen alami rambut. Mengutip dari Indian Express, daun kari dapat memberi akar rambut dorongan nutrisi yang sangat dibutuhkan, sehingga uban dapat berhenti, dan rambut baru yang tumbuh akan memiliki tekstur yang lebih sehat.

Daun kari juga kaya akan antioksidan yang dapat melembapkan kulit kepala sekaligus menghilangkan folikel rambut mati. Mengutip Boldsky, daun kari membantu memberi rambut tekstur yang lebih gelap. Sehingga rambut kemerahan akibat sinar matahari bisa kembali menjadi hitam alami.

Minyak kelapa juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menghitamkan rambut. Bukan tanpa alasan, hal ini karena minyak kelapa mengandung antioksidan yang bisa mencegah uban muncul kembali. Asam lemak, vitamin, dan antioksidan di dalamnya bisa membantu mempertahankan kadar protein dan memberi asupan nutrisi untuk mencegah "lunturnya" melanin atau zat warna rambut.

Tak terkecuali dengan biji fenugreek yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembalikan pigmen alami rambutmu. Biji yang memiliki beragam manfaat ini mengandung zat besi dan potasium. Nutrisi ini membantu meningkatkan produksi melanin dan mencegah rambut beruban prematur.

Begitupun dengan jintan yang juga bisa mengandung linoleic acid yang membantu mencegah penipisan sel pigmen pada folikel rambut. Penggunaan jintan dalam perawatan rambut secara rutin dapat mencegah timbulnya uban sejak dini. Kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya juga mampu mengembalikan pigmen alami rambut.

Cara hitamkan uban dan rambut kemerahan akibat sinar matahari pakai 1 jenis daun  Berbagai sumber


foto: TikTok/@hodabeauty02

Cukup dengan keempat bahan tersebut kamu bisa membuat masker rambut yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi rambut kemerahan akibat sinar matahari. Bahkan uban juga bisa tersamarkan jika digunakan secara rutin. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 Cup daun kari segar
2. 2 Sendok makan air
3. 200 ml minyak kelapa
4. 1 Sendok makan fenugreek
5. 1 Sendok teh jintan

Cara hitamkan uban dan rambut kemerahan akibat sinar matahari pakai 1 jenis daun  Berbagai sumber

foto: TikTok/@hodabeauty02

Cara membuat:

1. Pisahkan daun kari dari batangnya lalu cuci sampai bersih
2. Masukkan kedalam blender lalu tambahkan air
3. Blender hingga halus
4. Panaskan minyak kelapa pada panci lalu masukkan daun kari kedalamnya
5. Masak dengan api kecil hingga mengental
6. Matikan api lalu saring dan ambil minyaknya
7. Pindahkan kedalam jar lalu masukkan fenugreek dan jintan
8. Aduk hingga merata kemudian tutup dan diamkan selama 2-5 hari
9. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh, khususnya bagian akar rambut
10. Diamkan selama 1-2 jam
11. Bilas menggunakan sampo serta kondisioner andalan
12. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang hitam alami.

@hodabeauty02 Homemade Hair Oil, Using carry leave to prevent Hair loss #homemade #diy #hairoil #hairlosssolutions #hodabeauty02 original sound - hoda'beauty

(brl/far)

tags

STORIES