Tak hanya pakai hair tonic, ini trik mempercepat pertumbuhan rambut pakai 2 jenis biji-bijian

Tak hanya pakai hair tonic, ini trik mempercepat pertumbuhan rambut pakai 2 jenis biji-bijian

Video tersebut berisi tentang trik mempercepat pertumbuhan rambut pakai dua jenis biji-bijian. Biji-bijian yang digunakan adalah biji fenugreek dan jintan hitam. Selain itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu daun rosemary dan daun kari.

Fenugreek yang dikenal juga dengan nama kelabat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya untuk rambut. Di dalam fenugreek terkandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, mineral, dan serat. Melansir Stylecraze, fenugreek adalah salah satu solusi paling efektif untuk mengatasi rambut lama tumbuh dan rontok.

Trik mempercepat pertumbuhan rambut pakai 2 jenis biji-bijian Berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara kerja fenugreek dengan memperkuat helai rambut hingga akarnya. Nah, selain menjaga rambut tetap kuat, fenugreek bermanfaat mendorong pertumbuhan rambut berkat kandungan protein dan asam nikotinat di dalamnya. Sementara jintan hitam juga merupakan biji-bijian yang bisa menjadi perangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Manfaat yang paling dicari dari jintan hitam adalah membantu rambut berpotensi tumbuh dengan lebat dan sehat. Kandungan dari jintan hitam mengandung antihistamin dalam jumlah tinggi yang bernama timokuinon. Secara historis, zat antihistamin telah banyak digunakan masyarakat dalam pengobatan alopecia.

Minyak ekstrak biji jintan hitam dipercaya dapat menyuburkan dan menambah kekuatan rambut karena mengandung omega-3 dan 6 yang mendorong sirkulasi darah, terutama di kepala. Dalam beberapa minggu, hal ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga sebagian besar orang telah meyakini bahwa jintan hitam dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sedangkan daun rosemary juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambutmu. Menurut hasil penelitian terbitan Skinmed (2015), penggunaan daun rosemary untuk rambut selama enam bulan meningkatkan pertumbuhan rambut secara signifikan pada pasien kebotakan. Minyak rosemary mengandung senyawa bernama camphor yang merangsang aliran darah ke kulit kepala untuk pertumbuhan rambut.

Begitupun daun kari yang merupakan bahan alami untuk membantu menumbuhkan rambut. Kandungan protein dan betakaroten pada daun kari diyakini bisa membuat rambut lebih sehat. Pasalnya, kedua zat ini mampu membantu mengatasi rambut rontok dan penipisan rambut. Dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat serum rambut yang mampu membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan rambut yang lebat, sehat, dan antirontok. Penasaran bagaimana cara meracik semua bahan-bahan tersebut? Simak cara lengkapnya, seperti dilansir briliobeauty.net dari TikTok @irshayine pada Rabu (12/7).

Bahan:

Trik mempercepat pertumbuhan rambut pakai 2 jenis biji-bijian Berbagai sumber

foto: TikTok/@irshayine

1. 1/4 cup biji fenugreek
2. 1/4 cup jintan hitam
3. 1/4 cup daun rosemary dan daun kari yang sudah dikeringkan
4. 1 cup air

Cara membuat:

Trik mempercepat pertumbuhan rambut pakai 2 jenis biji-bijian Berbagai sumber

foto: TikTok/@irshayine

1. Tuangkan fenugreek, jintan hitam, daun rosemary, dan daun kari pada blender
2. Blender bahan-bahan tersebut sampai halus seperti bubuk
3. Pindahkan pada wadah lalu sisihkan
4. Masukkan air pada panci lalu tambahkan 1 sendok makan bubuk dari bahan-bahan yang sudah kamu haluskan
5. Masak hingga mendidih dengan api kecil selama 5 menit
6. Matikan kompor lalu diamkan sampai dingin
7. Setelah dingin, saring dan ambil airnya
8. Tuangkan pada botol spray dan siap digunakan
9. Semprotkan pada kulit kepala secara menyeluruh sebelum tidur
10. Diamkan semalaman lalu bilas saat pagi harinya menggunakan sampo dan kondisioner
11. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

@irshayine Easy Peasy DIY Overnight Hair Growth Serum. Try it at your home and do comment below what tips you need next. Happy Trying #fyp#diy#hairserum#hairgrowth original sound - irshayine

(brl/mal)

tags

STORIES