Tak cuma pakai jintan, ini cara kembalikan rambut uban jadi hitam dengan tambahan 2 bahan dapur

Tak cuma pakai jintan, ini cara kembalikan rambut uban jadi hitam dengan tambahan 2 bahan dapur

Sehingga, banyak orang mencari cara untuk mengatasi rambut beruban agar tak tumbuh kembali. Salah satunya adalah dengan bahan-bahan alami. Tak cuma pakai jintan, karena pemilik akun TikTok @japnoor_kaur1 pada 9 Desember 2022, menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel dan minyak kelapa.

"Grey hair to black naturally permanently (Rambut beruban menjadi hitam alami secara permanen)," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @japnoor_kaur1, Selasa (10/10).

Bikin uban jadi hitam kembali  Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jintan memang menjadi rempah yang umum digunakan untuk memasak, namun jintan hitam atau yang disebut dengan habbatussauda juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Jintan hitam mempunyai manfaat untuk menghitamkan rambut secara alami.

Kandungan asam linoleat yang tinggi dalam jintan hitam diklaim membantu mencegah pengurangan melanin atau pigmen dalam sel rambut. Dengan demikian mencegah rambut beruban secara dini. Mengaplikasikannya secara rutin pada kulit kepala juga dapat menjaga rambut tetap berkilau untuk waktu yang lama.

Sementara aloe vera gel, tak hanya bisa membantu menghidrasi rambut dan merawat kulit kepala saja. Karena bahan alami ini juga mampu mengatasi masalah uban. Pasalnya, kandungan lidah buaya seperti mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E sangat baik untuk hilangkan uban.

Minyak kelapa juga merupakan salah satu jenis minyak yang umum digunakan untuk mengatasi uban. Minyak kelapa memiliki kandungan polifenol sebagai antioksidan dan vitamin E. Kandungan ini bagus untuk regenerasi sel serta meningkatkan kolagen (kehitaman) rambut. Asam lemak, vitamin, dan antioksidan di dalamnya bisa membantu mempertahankan kadar protein dan memberi asupan nutrisi untuk mencegah lunturnya melanin atau zat warna rambut.

Bikin uban jadi hitam kembali  Berbagai sumber

foto: TikTok/@japnoor_kaur1

Dengan ketiga bahan tersebut kamu dapat membuat masker rambut yang ampuh menghitamkan rambut beruban. Bahkan kamu juga akan mendapatkan rambut yang hitam lebat jika digunakan secara rutin. Begini cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 Sendok teh jintan hitam
2. 1 Sendok teh aloe vera gel
3. 1 Sendok teh minyak kelapa
4. Air secukupnya

Bikin uban jadi hitam kembali  Berbagai sumber

foto: TikTok/@japnoor_kaur1

Cara membuat:

1. Sangrai jintan hitam selama 5 menit
2. Setelah 5 menit, haluskan jintan hitam hingga menjadi bubuk
3. Tambahkan aloe vera gel, minyak kelapa, dan air secukupnya
4. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata dan bertekstur seperti pasta
5. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, khususnya bagian yang terdapat uban
6. Pijat-pijat selama 10-15 menit
7. Gulung rambut dan diamkan semalaman
8. Bilas saat pagi harinya menggunakan sampo dan kondisioner
9. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

@japnoor_kaur1 #foryoupage #foryoupage original sound - Japnoor kaur

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES