Tak cuma pakai beras, ini trik kurangi rambut rapuh dan rontok berlebih dengan 1 jenis rempah

Tak cuma pakai beras, ini trik kurangi rambut rapuh dan rontok berlebih dengan 1 jenis rempah

Tak cuma pakai beras, karena pemilik akun TikTok @chebepowder10 pada 25 Juni 2023, juga menambahkan bahan lain yaitu 1 jenis rempah, yakni cengkeh. Dia juga menggunakan bahan lain yaitu biji fenugreek.

"Miracle hair mask prevents hairfall & promotes hair growth! (Masker rambut ajaib mencegah rambut rontok & meningkatkan pertumbuhan rambut!)," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @chebepowder10, Selasa (28/11).

Kurangi rambut rapuh dan rontok Berbagai sumber

Kurangi rambut rapuh dan rontok
freepik.com

Beras adalah makanan pokok yang tinggi akan kandungan karbohidrat sebagai sumber energi manusia. Selain itu, beras juga mengandung asam amino yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Diketahui, asam amino merupakan senyawa yang penting untuk membentuk helai rambut sehat.

Kandungan inositol dalam air beras bahkan bisa melapisi batang rambut, sehingga lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Beras juga mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan yang bisa melindungi rambut dari paparan radikal bebas penyebab kerusakan. Sehingga rambut jadi lebih lebat, kuat, dan bebas rontok.

Cengkeh yang dikenal sebagai rempah dapur juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat mengurangi rambut rontok sekaligus menguatkan helainya. Rempah otentik asal Indonesia ini memiliki sifat antimikroba, antivirus, anestesi, antiparasit, dan antioksidan yang tinggi.

Kandungan senyawa eugenol di dalamnya juga efektif untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Tak hanya itu, kandungan beta karoten, antioksidan, dan vitamin K pada cengkeh juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru, menguatkan rambut, hingga mampu mencegah kerontokan.

Begitupun dengan biji fenugreek atau biji kelabat yang banyak digunakan sebagai bahan alami untuk merawat rambut rontok. Melansir Stylecraze, fenugreek adalah salah satu solusi paling efektif untuk ketombe dan mengatasi rambut rontok. Cara kerja fenugreek dengan memperkuat helai rambut hingga akarnya. Sehingga rambut rontok yang berlebih akan segera teratasi dengan baik.

Kurangi rambut rapuh dan rontok Berbagai sumber

Kurangi rambut rapuh dan rontok
TikTok/@chebepowder10

Ketiga bahan yang sudah disebutkan bisa kamu olah menjadi masker rambut yang efektif untuk menguatkan akar rambut dan mencegahnya rontok. Kamu juga akan mendapatkan rambut yang lebih lebat dan panjang alami. Begini cara membuat dan menggunakannya.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES