Tak cuma gunakan kemiri, ini cara mencegah munculnya uban prematur pakai tambahan 1 jenis daun

Tak cuma gunakan kemiri, ini cara mencegah munculnya uban prematur pakai tambahan 1 jenis daun

Tak cuma gunakan kemiri, karena pemilik akun TikTok @dontstoree pada 17 Agustus 2023, juga menambahkan bahan lain yaitu 1 jenis daun. Daun yang digunakan adalah daun pepaya. Ia juga menggunakan bahan lain yaitu minyak zaitun.

"Tips mengatasi rambut rontok dan beruban," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @dontstoree, Jumat (20/10).

Cegah munculnya uban prematur pakai tambahan 1 jenis daun Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kemiri memang sudah dikenal banyak orang berkat beragam khasiatnya untuk rambut dan kulit kepala. Salah satu manfaat yang didapatkan dari rempah dapur ini adalah kemampuannya untuk mengatasi uban prematur. Karena minyak yang terkandung dalam kemiri diketahui memiliki kandungan vitamin E sebagai antioksidan. Antioksidan ini lah yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya rambut beruban.

Daun pepaya yang kerap kali jadi bahan lalapan ini juga bisa mengatasi dan menunda tumbuhnya uban prematur lho. Daun yang memiliki rasa pahit ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Jenis antioksidan dalam daun pepaya antara lain saponin karoten, enzim papain, dan chymopapain.

Kandungan tersebut sangat penting bagi tubuh karena kemampuannya untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel hingga stres oksidatif. Stres oksidatif ini lah salah satu penyebab munculnya uban prematur. Begitupun dengan minyak zaitun yang juga bisa kamu manfaatkan untuk menunda tumbuhnya uban prematur. Karena minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak yang dapat membantu menebalkan dan menghitamkan rambut.

Cegah munculnya uban prematur pakai tambahan 1 jenis daun Berbagai sumber

foto: TikTok/@dontstoree

Hanya dengan ketiga bahan alami tersebut kamu dapat membuat masker rambut yang efektif untuk menunda munculnya uban prematur. Bahkan rambutmu juga akan lebih tebal dan hitam alami. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 Biji kemiri
2. 1 Lembar daun pepaya
3. 2 Sendok makan minyak zaitun

Cegah munculnya uban prematur pakai tambahan 1 jenis daun Berbagai sumber

foto: TikTok/@dontstoree

Cara membuat:

1. Bakar biji kemiri selama 2 menit atau sampai agak kehitaman
2. Tumbuk kemiri dan daun pepaya hingga benar-benar halus
3. Setelah halus tambahkan minyak zaitun kemudian aduk ketiganya sampai tercampur merata
4. Aplikasikan masker rambut ini pada akar rambut secara menyeluruh
5. Gosok-gosok dan pijat dengan lembut agar masker lebih meresap
6. Diamkan selama 30-60 menit lalu lanjutkan dengan keramas
7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut hitam berkilau bebas uban prematur.

@dontstoree Tips mengatasi rambut rontok dan beruban #tips #alami #sehat #khasiat #manfaat suara asli - Don't Store - Don't Storee

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES