Tak cuma bawang merah, ini trik kurangi rontok dan uban prematur pakai tambahan 1 jenis bahan minuman

Tak cuma bawang merah, ini trik kurangi rontok dan uban prematur pakai tambahan 1 jenis bahan minuman

Kedua permasalahan rambut ini dapat membuat penderitanya tidak percaya diri. Oleh karena itu banyak yang mencari cara untuk mengatasi masalah ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak cuma bawang merah, namun pemilik akun TikTok @bella8teen pada 4 Agustus 2022, juga menambahkan 1 jenis bahan minuman untuk mengatasi rontok dan uban prematur. Bahan minuman yang dimaksud adalah teh hitam.

"Cure hair loss, grey hair, itchy scalp & damaged hair in just 1 wash (Menyembuhkan rambut rontok, uban, kulit kepala gatal & rambut rusak hanya dalam 1 kali keramas)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bella8teen, Senin (6/11).

Kurangi rontok dan uban prematur pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bawang merah adalah bumbu dapur yang hampir digunakan pada setiap masakan. Selain memberikan kelezatan, bawang merah ternyata juga memiliki segundang manfaat untuk rambut lho. Beberapa manfaat bawang merah untuk rambut adalah merangsang pertumbuhan rambut, memanjangkan rambut, dan menebalkannya secara alami.

Khasiat ini muncul berkat kandungan sulfur pada bawang merah. Sulfur sendiri merupakan zat mineral yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih kuat dan antirontok. Kandungan antioksidan pada bawang merah yang tinggi juga dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas diketahui jadi salah satu penyebab munculnya uban prematur.

Begitupun dengan teh hitam yang juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan rambut. Teh hitam memiliki kandungan hormon dihydrotestosterone (DHT) yang dapat menutrisi rambut sehingga mencegah rambut rontok. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat menguatkan rambut.

Teh hitam dapat meningkatkan melanin dan keratin pada helai rambut sehingga mampu mengembalikan pigmen alami rambut. Selain itu, teh ini juga efektif menutupi warna uban yang telah tumbuh.

Kurangi rontok dan uban prematur pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@bella8teen

Cuma dengan kedua bahan yang sudah disebutkan, kamu dapat membuat masker rambut yang efektif mengurangi rambut rontok dan mencegah tumbuhnya uban prematur. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan:

1. 5 Siung bawang merah
2. 3 Sendok teh hitam
3. 1 Liter air

Kurangi rontok dan uban prematur pakai 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: TikTok/@bella8teen

Cara membuat:

1. Kupas bawang merah lalu iris menjadi bagian yang lebih kecil
2. Tuangkan air pada panci dan tambahkan potongan bawang merah serta teh hitam
3. Masak bahan-bahan tersebut dengan api besar selama 15-20 menit
4. Matikan kompor lalu tunggu sampai agak dingin
5. Saring dan ambil airnya
6. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh setelah keramas
7. Pijat-pijat agar lebih meresap kemudian diamkan selama 15 menit
8. Bilas kembali menggunakan air sampai bersih
9. Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang hitam berkilau dan antirontok.

@bella8teen #haircare #skincare #moreyouknow #followformorevideo Seorita - Instrumental - Jesus Ayala Music

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES