Rambut tumbuh lebih lebat, ini trik atasi kebotakan pakai tonic dari 3 bahan alami

Rambut tumbuh lebih lebat, ini trik atasi kebotakan pakai tonic dari 3 bahan alami

Minyak biji jarak (castor oil) telah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami yang efektif dalam merawat rambut. Minyak ini mengandung asam lemak omega-9, vitamin E, protein, dan mineral yang esensial untuk kesehatan rambut. Melalui kandungan tersebut, minyak ini secara efektif dapat menghidrasi kulit kepala, memperkuat akar rambut, dan mencegah kerontokan pada rambut. Selain itu, minyak daun jarak juga dikenal dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan mencegah kebotakan.

3 kali lebih lebat  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera telah digunakan dalam berbagai produk perawatan rambut karena sifatnya yang dapat menyembuhkan. Gel aloe vera mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit kepala, memperbaiki kerusakan rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain itu, aloe vera juga memiliki sifat hidrasi yang efektif dalam menjaga kelembapan rambut dan melindungi rambut dari kerusakan akibat panas, polusi, dan zat kimia.

Nah, apabila kamu tertarik memanfaatkan ketiga bahan di atas sebagai alternatif mengatasi masalah tadi, kamu bisa mengikuti beberapa langkah simpel di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. Jahe secukupnya
2. 3 Sendok makan minyak castor (biji tanaman jarak)
3. 3 Sendok makan gel aloe vera
4. 1 Wadah berupa mangkuk kecil
5. Botol kecil kosong (opsional)

Langkah pengerjaan:

3 kali lebih lebat  Instagram

foto: Instagram/@beglamrs

1. Pertama, ambil jahe dan parutlah hingga halus. Kemudian, peraslah untuk mendapatkan sekitar 8-10 ml ekstrak jahe.
2. Campurkan minyak daun jarak dan gel aloe vera masing-masing sebanyak 3 sendok makan ke dalam wadah berisi ekstrak jahe tadi.
3. Aduk rata hingga membentuk serum yang kental. Kemudian, masukkan ke botol serum kosong yang telah dibersihkan (bila ada).

3 kali lebih lebat  Instagram

foto: Instagram/@beglamrs

4. Oleskan serum ke kulit kepala dan akar rambut secara merata setelah membersihkan rambut sebelumnya.
5. Pijat lembut kulit kepala dengan ujung jari selama beberapa menit, kemudian biarkan selama selama 30-60 menit.
6. Bilas dengan air bersih apabila waktunya sudah selesai. Untuk hasil maksimal, lakukan secara teratur minimal dua kali seminggu.

(brl/far)

tags

STORIES