Rambut lebat dan bebas ketombe, begini cara mendetoks kulit kepala pakai hair oil dari 1 jenis rempah

Rambut lebat dan bebas ketombe, begini cara mendetoks kulit kepala pakai hair oil dari 1 jenis rempah

Salah satunya seperti video yang diunggah oleh akun TikTok @temispace pada (14/3) lalu. Melalui video yang berdurasi 32 detik tersebut pemilik akun membagikan cara mendetoks kulit kepala pakai hair oil dari 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah cengkeh. Tak hanya itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu grapeseed oil, vitamin E, dan castor oil.

"How to make your own DIY hair growth oil (that's home-made and easy) for long and healthy hair! (Cara membuat sendiri minyak penumbuh rambut DIY (buatan sendiri dan mudah) untuk rambut panjang dan sehat!)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @temispace, Selasa (13/6).

Cara mendetoks kulit kepala pakai hair oil dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bukan sekadar rempah-rempah biasa, cengkeh juga bisa membantu merawat kesehatan rambut dan kulit kepala, lho. Salah satu manfaat cengkeh untuk rambut adalah dapat mengatasi kerontokan dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Tanaman asal Indonesia ini memiliki sifat antimikroba, antivirus, anestesi, antiparasit, dan antioksidan yang tinggi.

Kandungan senyawa eugenol di dalamnya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Tak hanya itu, kandungan beta karoten dan vitamin K pada cengkeh juga dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel folikel rambut baru. Cengkeh yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi juga dapat membantu melawan ketombe dan mengurangi iritasi serta rasa gatal akibat bakteri.

Manfaat cengkeh untuk rambut nggak hanya dapat mengobati ketombe dan mengatasi rasa gatal, tapi juga dapat membersihkan kulit kepala. Kamu bisa nih memanfaatkan khasiat cengkeh untuk membersihkan berbagai kotoran, residu produk, atau minyak berlebih yang menempel di kulit kepala.

Sementara grapeseed oil, mengandung asam linoleat yang penting untuk memberikan nutrisi pada rambut. Asam linoleat tidak diproduksi secara alami tubuh. Jika kekurangan asam lemak ini, kulit kepala akan kering dan rambut mulai rontok. Grapeseed oil juga diyakini dapat memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala seseorang.

Salah satunya adalah mengatasi ketombe yang umumnya disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Nah, mengoleskan minyak biji anggur ke kulit kepala dapat mengendurkan kulit mati dan mengembalikan kelembapan. Menariknya lagi, grapeseed oil juga dapat menambah kekuatan dan kilau rambut secara alami.

Begitupun dengan vitamin E yang dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang memiliki masalah rambut rontok. Hal ini karena sifat antioksidan di dalamnya membantu mengurangi stres oksidatif (penyebab rambut rontok) di kulit kepala. Vitamin E juga dikenal mampu meningkatkan aliran darah, sehingga kulit kepala mendapatkan pasokan oksigen yang cukup dan mampu membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Tak terkecuali dengan castor oil atau dikenal juga sebagai minyak biji jarak, mengandung asam risinoleat dan asam lemak esensial Omega-6 yang mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Kandungan ini juga memberi nutrisi pada kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Dengan demikian rambut tidak mudah rontok maupun patah.

Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa mengolahnya sebagai hair oil. Hair oil ini akan membantumu mendetoks kulit kepala secara optimal. Berikut cara membuatnya.

Cara mendetoks kulit kepala pakai hair oil dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: TikTok/@temispace

Bahan:

1. 2 sendok makan cengkeh.
2. 1 1/2 cup grapeseed oil.
3. Beberapa tetes vitamin E.
4. 1 sendok makan castor oil.

Cara membuat:

1. Halukan cengkeh sampai berbentuk seperti bubuk.
2. Pindahkan kedalam wadah tahan panas lalu masukkan grapeseed oil.
3. Panaskan kedua bahan tersebut menggunakan metode double boiling selama 10 menit.
4. Tunggu sampai dingin lalu saring dan ambil minyaknya.
5. Tambahkan vitamin E dan castor oil.
6. Aduk bahan-bahan tersebut sampai merata.
7. Pindahkan kedalam botol spray atau botol lainnya untuk mempermudah pengaplikasian dan penyimpanannya.
8. Aplikasikan pada bagian kulit kepala sembari digosok dan lakukan pijatan agar hair oil meresap sempurna.
9. Tunggu 30-60 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
10. Lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner.
11. Gunakan hair oil ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Cara mendetoks kulit kepala pakai hair oil dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: TikTok/@temispace

Cara mendetoks kulit kepala pakai hair oil dari 1 jenis rempah ini sontak viral. Sampai artikel ini ditulis, videonya sudah ditonton sebanyak 201,6 ribu kali dan mendapatkan beberapa komentar.

"terima kasih kak!!! Saya akan mencoba ini," kata pemilik akun @virgodite.

"Harus coba ini. Terima kasih!," celetuk akun @soundsofnature24.


@temispace Replying to @mumsymorire1 Episode 1 | How to make your own DIY hair growth oil (that's home-made and easy) for long and healthy hair! Use this 2wice a week for visible results #cloves#hairgrowthtips #hairgrowthoil #hairoiling #hairgrowth #homemadehairoil #cloves #cloveoil #foryoupage ##foryoupage #fyp #foryou #pageforyou #hairtiktok #clove #naturalhairproducts #hairtipsforgirls #hairproducts #hairtips #4chair #256luckyfashion2 #naturalhair #clove #howtomakecloveoil #fyp #cloveoil #hairoil #hairgrowthoil #growthhair #scalpoiling #vitamine #scalpoilingforhairgrowth #makescalpoil #hairthinning ##hairgrowthtips #castoroil #longhair #oiling #dryscalp #oilyscalp #longhairgoals #hair #fyp #xyzbca #hair #growth #tutorial #viral #clovewater #clovewaterforlongthickhair #clovewaterforhair #hairregrowthjourney #hairhomeremedies #homeremediesforhair #hairtransformation2023 #hairoils #hairoilforhairgrowth #hairtutorial #haircareroutine #besthairgrowthoil #foryou #foryoupage #fyp* #fyp #hairgrowthtips #haircare #BlackTikTok #LearnOnTikTok Grace - Solomon Lange

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES