Rambut bebas ketombe dan lepek, begini trik membuat scrub kulit kepala pakai 1 bahan pemanis

Rambut bebas ketombe dan lepek, begini trik membuat scrub kulit kepala pakai 1 bahan pemanis

Brilio.net - Kulit kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami masalah. Dikutip dari American Academy of Dermatology Association, menyebutkan bahwa kulit kepala manusia mengandung sekitar 100.000 folikel rambut. Folikel ini mampu menghasilkan sebum yang berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut.

Folikel rambut harus dijaga kebersihannya karena jika tidak, akan tersumbat oleh sebum, kulit mati, bahkan kotoran yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. Jika dibiarkan akan berisiko membuat rambut kamu berhenti tumbuh permanen alias terjadi kebotakan dini. Selain folikel rambut, kulit kepala juga melepaskan kulit mati secara rutin. Menjaga kebersihan kulit kepala bisa menghindari masalah seperti gatal-gatal, kulit kepala mengelupas, hingga rambut rontok.

Tak berbeda dengan kulit wajah dan tubuh, kulit kepalamu juga sensitif terhadap faktor-faktor tertentu. Mulai dari stres, perubahan musim, polusi, hingga paparan sinar UV. Semuanya bisa berdampak pada kondisi kulit kepala dan helai rambutmu. Kulit kepalamu bisa memproduksi minyak lebih banyak sebagai respons, atau kulit menjadi kering dan mengelupas.

Jika tidak dirawat dengan baik, pengelupasan ini akan menumpuk di area kulit kepala sehingga menyebabkan ketombe. Jadi, jika ingin mendapatkan rambut yang sehat, kuat, dan berkilau, kuncinya terletak pada perawatan kulit kepala yang benar. Salah satu metode perawatan untuk membersihkan kulit kepala adalah dengan scrub kulit kepala.

Dikutip dari Healthline, scalp scrub atau scrub kulit kepala ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, mengurangi minyak, mengatasi ketombe, melembapkan, dan menyegarkan. Maka dari itu, scalp scrub dapat membuat kulit kepala kamu menjadi lebih sehat, dan rambut berkilau mulai dari akar hingga ujung. Tidak hanya itu, penggunaan scalp scrub membuat sirkulasi darah pada kulit kepala akan terstimulasi, sehingga bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

Trik membuat scrub kulit kepala pakai 1 bahan pemanis Berbagai sumber

foto: freepik.com

Nah, melakukan scrub kulit kepala ini bisa kamu lakukan sendiri dirumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami lho. Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @imgabriellahall pada (11/1) lalu. Dalam unggahan itu, ia memberikan trik membuat scrub kulit kepala pakai 1 bahan pemanis. Bahan pemanis yang dimaksud adalah gula pasir. Tak hanya gula pasir, pemilik akun juga menggunakan bahan lain yaitu minyak zaitun dan peppermint oil.

"My floors hate this scrub but my scalp loves it (Lantai saya membenci scrub ini tetapi kulit kepala saya menyukainya)," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @imgabriellahall, Selasa (4/7).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES