Nggak perlu sering keramas, ini cara mengatasi rambut berminyak cuma pakai 1 bahan kue

Nggak perlu sering keramas, ini cara mengatasi rambut berminyak cuma pakai 1 bahan kue

Brilio.net - Rambut berminyak adalah kondisi ketika kelenjar sebaceous di kulit kepala menghasilkan sebum berlebihan. Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh tubuh untuk melindungi kulit dan rambut. Namun, produksi sebum yang berlebihan dapat membuat rambut terlihat kusam, lepek, dan sulit diatur.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut menjadi berminyak. Faktor genetik, hormon, dan kondisi lingkungan dapat mempengaruhi produksi sebum di kulit kepala. Sebagai contoh, individu dengan kelenjar sebaceous yang lebih aktif cenderung memiliki rambut yang lebih berminyak. Selain itu, perubahan hormon yang terjadi selama masa remaja, kehamilan, atau menopause juga dapat memengaruhi keseimbangan sebum di kulit kepala.

Kondisi lingkungan yang ekstrem dapat memperburuk rambut berminyak. Suhu panas, kelembaban, dan polusi udara dapat merangsang kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak sebum. Pemakaian produk perawatan rambut yang tidak cocok atau terlalu banyak mengaplikasikan produk styling yang mengandung minyak juga dapat meningkatkan produksi minyak di kulit kepala.

Kebanyakan orang menganggap sering keramas bisa mengatasi permasalahan rambut berminyak, padahal terlalu sering keramas malah akan mengganggu keseimbangan alami minyak pada kulit kepala dan rambut. Meskipun mungkin terdengar kontradiktif, keramas yang berlebihan dapat merangsang kelenjar sebaceous di kulit kepala untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Pengguna akun Tiktok dengan nama akun @beautyhacks membagikan trik mengatasi rambut berminyak tanpa terlalu sering keramas cuma pakai 1 bahan kue.

mengatasi rambut berminyak  berbagai sumber

foto: Tiktok/@beautyhacks

"Easy way to fix greasy hair (Cara mudah mengatasi rambut berminyak)," tulis pemilik akun pada video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun Tiktok @beautyhacks.

(mgg/Jessica Tosya)

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES