Cuma pakai 1 jenis buah, tips atasi rambut berminyak ini bikin lebih halus dan antilepek

Cuma pakai 1 jenis buah, tips atasi rambut berminyak ini bikin lebih halus dan antilepek

Brilio.net - Memiliki rambut indah dan sehat tentu menjadi idaman setiap individu, khususnya kaum hawa. Namun, tiap individu memiliki tipe rambut yang berbeda-beda.

Untuk itu, permasalahan rambut tiap individu pun berbeda. Individu yang memiliki tipe rambut berminyak akan merasa tampilannya kurang maksimal karena rambut yang lepek.

Dikutip dari Healthline, minyak di rambut adalah bagian dari sistem pertahanan tubuhmu untuk kulit kepala yang sensitif. Minyak ini bercampur dengan keringat dan kotoran, melapisi kulit kepalamu. Ini adalah kondisi yang normal dan sebagian besar tidak dapat dihindari.

Rambut berminyak disebabkan oleh produksi kelenjar minyak berlebih di kulit kepala. Hal ini dapat dipengaruhi oleh frekuensi keramas, jenis rambut, hingga perubahan hormon.

Penyebab rambut lepek sangat beragam, seperti pengaruh iklim dan cuaca, tingkat polusi tinggi yang membuat kulit kepala mudah berkeringat dan gatal, kelenjar minyak yang terlalu aktif di kulit kepala, cara keramas yang salah, hingga penggunaan hijab yang kurang baik.

Namun kini tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan berbagai bahan alami di sekitarmu. Selain aman untuk digunakan, bahan alami juga dinilai lebih mudah ditemukan dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Tips atasi rambut berminyak pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@ibuneupik

Seperti yang dibagikan oleh salah seorang pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @ibuneupik pada (11/7/2021) lalu. Dalam video yang berdurasi 23 detik tersebut pemilik akun membagikan tips atasi rambut berminyak yang cuma pakai 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah jeruk nipis.

Jeruk nipis mengandung asam yang dapat mengatur pH dan mengurangi rambut berminyak. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin serta mineral pada jeruk nipis dapat membuat rambut berkilau, terhindar dari ketombe, serta menyuburkan rambut.

"rambut lepek dan berminyak atasi dengan jeruk nipis," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahannya, seperti telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ibuneupik, Jumat (20/1).

Tips atasi rambut berminyak pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@ibuneupik

Pertama, siapkan 1 buah jeruk nipis dan 1,5 gayung air hangat. Kemudian belah jeruk nipis menjadi 4 bagian untuk memudahkanmu memerasnya. Lalu peras pada 1,5 gayung air hangat, usahakan jangan sampai bijinya ikut tercampur, ya. Lebih lanjut, kamu bisa langsung menggunakannya sebagai bilasan setelah keramas.

Usahakan aplikasikan pada seluruh rambut dan kulit kepala sembari dipijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit secara perlahan. Kamu bisa melakukan secara rutin setiap setelah keramas untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tips atasi rambut berminyak pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@ibuneupik

Tips atasi rambut berminyak yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @ibuneupik ini pun sontak viral dan mengundang respon dari warganet. Sampai saat ini, videonya sudah ditonton sebanyak 20,5 ribu kali.

"mantap bund," celetuk akun @wawan.endraw.

"makasih ilmunya bun akan sya coba," komentar pemilik akun @made664.

"di bilas lagi nggak bun," tanya akun @tutwuriningsih74.

@ibuneupik rambut lepek dan berminyak atasi dengan jeruk nipis#obatherbal #semogabermanfaat suara asli - MariaIndri

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES