Nggak perlu minyak zaitun, ini cara hempas ketombe dan residu kulit kepala dengan 1 jenis biji-bijian

Nggak perlu minyak zaitun, ini cara hempas ketombe dan residu kulit kepala dengan 1 jenis biji-bijian

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nggak perlu minyak zaitun, karena ada bahan alami lain yang juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe dan mengangkat residu pada kulit kepala. Seperti unggahan dari akun TikTok @nithi09091989 pada 25 November 2022.

Unggahan tersebut berisi tentang cara hempas ketombe dan residu kulit kepala dengan satu jenis biji-bijian, yakni fenugreek. Fenugreek merupakan ramuan Mediterania yang termasuk dalam keluarga tanaman Fabaceae. Selain fenugreek, ia juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel dan lemon.

Hempas ketombe dan residu kulit kepala dengan 1 jenis biji-bijian Berbagai sumber

foto: freepik.com

Biji fenugreek kaya asam folat, vitamin A, K, dan C, serta mineral, protein, dan asam nikotinat yang membantu mencegah rambut rontok dan ketombe. Biji fenugreek juga mengandung zat antimikroba yang melawan ketombe dan infeksi kulit kepala. Menerapkan pasta fenugreek secara teratur pada kulit kepala dapat secara signifikan mengurangi penumpukan ketombe.

Sementara aloe vera gel, dapat meredakan kulit kepala gatal karena dermatitis seboroik atau dikenal sebagai ketombe. Menurut studi dalam Journal of Dermatological Treatment, gejala kulit kepala gatal dan mengelupas ini bisa diobati dengan lidah buaya. Peneliti menemukan, lidah buaya membantu mengatasi peradangan kulit kepala akibat ketombe.

Asam lemak yang ditemukan dalam tanaman lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi untuk meredakan gatal pada kulit kepala. Tak terkecuali dengan lemon yang dikenal mampu mengatasi ketombe sekaligus mengangkat residu yang menempel pada kulit kepala. Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon diyakini dapat mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering.

Sebuah studi yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology menyebutkan bahwa asam sitrat di dalam lemon dapat membantu mengatur keseimbangan pH kulit kepala secara alami. Dengan demikian, kulit kepala menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko munculnya ketombe.

Dengan ketiga bahan tersebut, kamu bisa membuat scalp scrub yang mampu mengatasi ketombe sekaligus menghilangkan residu di kulit kepalamu. Yuk, simak cara membuatnya, seperti dilansir briliobeauty.net pada Senin (21/8).

Bahan:

Hempas ketombe dan residu kulit kepala dengan 1 jenis biji-bijian Berbagai sumber

foto: TikTok/@nithi09091989

1. 3 sendok makan biji fenugreek
2. 3 sendok makan aloe vera gel
3. Perasan lemon secukupnya

Cara membuat:

Hempas ketombe dan residu kulit kepala dengan 1 jenis biji-bijian Berbagai sumber

foto: TikTok/@nithi09091989

1. Blender biji fenugreek hingga bertekstur seperti bubuk
2. Tuangkan pada wadah dan tambahkan aloe vera gel, lalu aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Pindahkan pada wadah penyimpanan, lalu masukkan lemari pendingin selama 1 minggu
4. Ambil 1-2 sendok makan campuran tersebut pada mangkuk kemudian tambahkan perasan lemon
5. Aduk kembali sampai tercampur merata dan seperti pasta
6. Aplikasikan pada rambut khususnya pada bagian akar rambut dan kulit kepala secara menyeluruh
7. Pijat-pijat dengan lembut dan gosok-gosok perlahan
8. Gulung rambut lalu tutup dengan shower cap
9. Diamkan selama 1 jam kemudian bilas menggunakan sampo dan kondisioner
10. Gunakan scrub ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

@nithi09091989 Replying to @devil_queen05 Here dear #haircare #haircaretips #dandruffremedy #homemade #diy #hairfallsolution #hairfall #dandruff #tipsandtricks #jomnithishare original sound - Sony Music South

(brl/mal)

tags

STORIES