Lebih hemat dan efektif, cara membuat dry shampoo ini hanya butuh tiga bahan dapur

Lebih hemat dan efektif, cara membuat dry shampoo ini hanya butuh tiga bahan dapur

Brilio.net - Ketika udara panas melanda, rambut akan menjadi lebih mudah berminyak, dan berbau. Untuk mengatasi masalah ini kita akan lebih sering mencuci rambut untuk menjaga kebersihannya. Namun, meskipun sampo biasa bisa menjadi penyelamat, tetapi sampo juga cenderung membuat kulit kepala terasa tersumbat dan banyak rambut yang rontok saat dibilas.

Apalagi bagi orang yang menggunakan cat rambut, pasti harus mengalami banyak masalah rambut, seperti rontok dan berminyak. Minyak juga akan lebih terlihat pada warna rambut yang lebih gelap. Jalan pintasnya adalah membersihkan rambut dengan dry shampoo.

Membersihkan rambut dengan dry shampoo akan membantu mengembalikan kondisi rambut meskipun tidak harus dicuci. Namun, tak semua orang sudah melakukan teknik praktis ini. Banyak orang merasa khawatir menggunakannya dry shampoo karena takut dengan efek buruk dari produk tersebut terhadap rambutnya.

Daripada kamu penasaran dan tak mau mencobanya, mengapa tak mencoba meniru cara membuat dry shampoo sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana yang mudah tersedia. Seperti yang dibagikan oleh pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @netzerocompany pada (13/5/2022) lalu.

Cara membuat dry shampoo yang hanya butuh 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@netzerocompany

"How to make dry shampoo with ingredients you probably already have in your kitchen (Cara membuat sampo kering dengan bahan-bahan yang mungkin sudah kamu miliki di dapur)," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @netzerocompany, Sabtu (21/1).

Melalui video unggahan yang berdurasi 20 detik tersebut, pemilik akun membagikan cara membuat dry shampoo dengan tiga bahan dapur. Ketiga bahan dapur tersebut adalah tepung jagung atau tepung maizena, baking soda, dan bubuk cokelat. Tepung jagung ternyata bisa menyerap minyak, sehingga rambut nggak gampang lepek. Selain itu, tepung jagung juga berfungsi untuk melembutkan dan menghaluskan rambut. Bahkan, penggunaan tepung jagung di kulit kepala bisa juga mengatasi masalah ketombe, lho.

Cara membuat dry shampoo yang hanya butuh 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@netzerocompany

Sementara, baking soda bersifat basa yang mampu untuk mengendalikan produksi minyak pada akar rambut. Tak hanya itu saja, baking soda juga dipercaya mampu membuat rambut terlihat lebih berkilau, lembut, dan bersih. Sedangkan bubuk cokelat bisa menjadi campuran untuk memberikan warna pada dry shampoo. Apalagi bagi kamu yang memiliki rambut berwarna gelap.

Caranya yaitu hanya dengan mencampurkan 1/4 cup tepung jagung atau 250 gram tepung jagung dan 1 sendok makan baking soda. Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan cokelat bubuk. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk memberikan aroma. Kemudian aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata.

Cara membuat dry shampoo yang hanya butuh 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@netzerocompany

Lebih lanjut, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada rambutmu yang lepek. Usapkan pada bagian yang berminyak sambil digosok-gosok perlahan. Cara ini akan memudahkanmu untuk mengatasi rambut berminyak tanpa harus keramas.

Tak butuh waktu lama, video unggahan tersebut sontak mengundang reaksi dari warganet. Sampai artikel ini ditulis, videonya sudah ditonton sebanyak 139,2 ribu kali dan menuai lebih dari 30 komentar.

Cara membuat dry shampoo yang hanya butuh 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@netzerocompany

"Terima kasih, ini adalah penyelamat hidup dan rambutku terasa jauh lebih baik daripada barang-barang di kaleng itu," celetuk pemilik akun @basicwitchbec.

"Saya tidak pernah mencampurkan soda kue. Saya selalu menggunakan tepung jagung dan tidak ada yang lain," kata akun @kittyybobittyy.

"Saya mencobanya dan bekerja luar biasa," ungkap akun @marutza.tamasi1560.

@netzerocompany How to make dry shampoo with ingredients you probably already have in your kitchen #zerowaste #lowwaste #selfcare #selfcareroutine #diyskincare #ecofriendly #ecotok #diy Sway (Sped Up Version) - Michael Bubl

(brl/lin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES