Hanya pakai bahan dapur, begini cara membuat ramuan untuk atasi uban yang muncul kembali

Hanya pakai bahan dapur, begini cara membuat ramuan untuk atasi uban yang muncul kembali

Brilio.net - Munculnya rambut berwarna putih atau sering disebut dengan uban, pada umumnya hanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Faktanya, uban kini dapat muncul pada sebagian orang yang masih muda. Uban terkadang menjadi sumber turunnya kepercayaan diri serta ketidak nyamanan lantaran memengaruhi penampilan.

Orang muda yang beruban kerap dianggap lebih tua dari usia sebenarnya. Ada beberapa penyebab munculnya uban, seperti faktor genetik (keturunan), kurangnya vitamin B12, stres, kebiasaan mewarnai rambut, kebiasaan merokok, faktor medis (seperti penyakit autoimun), perubahan hormon, dan polusi.

Sebelum mengatasi hal tersebut, penting untuk mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Tapi, tidak perlu khawatir, karena uban ternyata bisa dihilangkan jika kamu rutin merawat rambut dan mengubah pola hidup jadi lebih sehat. Bahkan, kamu juga bisa mengatasinya hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur, lho.

Cara membuat ramuan untuk atasi uban TikTok

foto: TikTok/@nicputra

Nah, jika kamu mengalami hal demikian, kamu bisa mengikuti tips yang dibagikan oleh salah seorang penggun TikTok dengan akun @nicputra. Dalam video berdurasi 39 detik yang diunggahnya pada pada 22 Agustus 2021 lalu, pemilik akun tersebut membagikan cara membuat ramuan untuk mengatasi uban yang muncul kembali hanya menggunakan teh celup.

"TIPS menghilangkan uban secara alami!" tulisnya sebagai keterangan video, dikutip briliobeauty.net dari akun TikTok @nicputra, Jumat (13/1).

Cara membuat ramuan untuk atasi uban TikTok

foto: TikTok/@nicputra

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan teh celup, sampo, dan air. Pertama-tama, buka kantung teh celup dan tuangkan serbuk teh ke dalam mangkuk. Lalu tambahkan air secukupnya dan sampo yang kamu gunakan sehari-hari. Aduk ketiga bahan tersebut sampai merata. Setelah merata, tutup mangkuk dan diamkan semalaman hingga menjadi teh basi.

Lebih lanjut, kamu bisa mengoleskan ramuan tersebut ke seluruh rambut hingga merata pada keesokan paginya. Lakukan pijatan lembut agar nutrisi terserap dengan baik. Kemudian diamkan selama 10-15 menit. Terakhir, kamu bisa langsung membilasnya dengan air hingga bersih. Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara membuat ramuan untuk atasi uban TikTok

foto: TikTok/@nicputra

Perlu diketahui bahwa teh basi sering digunakan oleh orang zaman dahulu untuk menjaga kesehatan rambut, khususnya untuk mengatasi masalah uban. Hal ini berkat kandungan antioksidan yang cukup untuk menutrisi rambut dari akarnya, sehingga membuat rambut menjadi lebih berkilau dan tidak mudah patah.

Teh basi juga mengandung senyawa yang memiliki khasiat untuk mengontrol produksi minyak dan menyeimbangkan tingkat pH di kulit kepala. Kadar minyak dan pH seimbang bisa mengurangi kemungkinan terjadinya uban pada rambut. Selain itu, kandungan penting lain dari teh basi adalah vitamin C, E dan polifenol yang bisa membantu rambut lebih sehat, sekaligus mengurangi bertambahnya uban.

Cara membuat ramuan untuk atasi uban TikTok

foto: TikTok/@nicputra

Namun, perlu diketahui untuk mencegah munculnya uban kamu juga bisa menggunakan vitamin rambut. Formula dalam vitamin ramnbut biasanya bisanya bisa mengunci kelembapan rambut. Temukan rekomendasi vitamin rambut di bawah ini!

Gimana, cukup mudah dan murah kan caranya? Nggak salah, kalau video untuk atasi uban yang dibagikan oleh pemilik akun @nicputra sontak viral. Sampai artikel ini ditulis, video tersebut sudah ditonton sebanyak 5,2 juta kali dan menuai lebih dari 2.500 komentar beragam.

"Makasih kk info ny.umur 30 tp uban dh byk," komentar pemilik akun @wahdiniputrijaya.

"Thanks tips nya bang," kata akun @kartinimeluriana.

"Klo ubannya udah banyak apa msh bisa?" tanya pemilik akun @pakdhe19728.

"Info nya berguna bgt kak.. makasih," celetuk akun @winnarti31.

@nicputra TIPS menghilangkan uban secara alami! #viral #fyp #foryoupage #foru #samasamabelajar #berbagiilmu #berbagifakta #tips #uban #nicputra original sound - NIC PUTRA

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES