Lebat tanpa hair tonic, ini trik kurangi rontok dan kulit kepala gatal pakai 1 jenis tanaman hias

Lebat tanpa hair tonic, ini trik kurangi rontok dan kulit kepala gatal pakai 1 jenis tanaman hias

Seperti unggahan dari akun TikTok @zuriaty_musa pada 21 Maret 2023, yang membagikan tentang trik kurangi rontok dan kulit kepala gatal pakai 1 jenis tanaman hias. Tanaman hias yang dimaksud adalah lidah buaya. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa dan madu.

"Tips utk rambut gugur dan bersinar selalu," katanya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @zuriaty_musa, Kamis (16/11).

Kurangi rontok dan kulit kepala gatal Berbagai sumber

foto: freepik.com

Lidah buaya kerap kali ditemukan di pekarangan rumah dan dijadikan sebagai tanaman hias bagi kebanyakan orang. Tanaman hias yang juga dikenal sebagai tanaman herbal dengan segudang manfaat ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala lho. Pasalnya, lidah buaya mengandung vitamin A, C, E, B12, asam folat, dan kolin yang dipercaya dapat menutrisi dan memperkuat sel-sel rambut.

Kandungan tersebut juga berfungsi untuk mengurangi kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhannya agar lebih lebat. Ia juga dapat meredakan kulit kepala gatal karena dermatitis seboroik atau dikenal sebagai ketombe. Asam lemak yang ditemukan dalam tanaman lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi untuk meredakan gatal pada kulit kepala.

Minyak kelapa bahkan menjadi salah satu bahan alami yang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok berlebih dan gatal di kulit kepala. Ini karena kandungan asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat.

Berkat rantai asam lemak ini, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk mengatasi rontok dan kulit kepala kering.

Tak terkecuali dengan madu yang juga efektif untuk menutrisi rambut agar tak mudah rontok. Berkat sifatnya yang melembapkan, madu dapat mengatasi kulit kepala kering dan gatal. Bahkan kandungan antioksidan didalamnya juga dapat mencegah rambut rontok.

Kurangi rontok dan kulit kepala gatal Berbagai sumber

foto: TikTok/@zuriaty_musa

Nah, jika kamu mengalami masalah yang demikian, tak perlu membeli produk tonic rambut untuk melebatkan rambutmu. Karena dengan ketiga bahan yang sudah disebutkan, kamu dapat membuat masker rambut yang efektif mengurangi rambut rontok dan gatal di kulit kepala. Yuk, simak cara membuat dan mengaplikasikannya.

Bahan:

1. 1 batang lidah buaya segar
2. 1-2 sendok makan minyak kelapa
3. 1 sendok makan madu

Kurangi rontok dan kulit kepala gatal Berbagai sumber

foto: TikTok/@zuriaty_musa

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Potong lidah buaya segar kemudian rendam dan cuci sampai getah dan kotorannya hilang
2. Kupas bagian kulitnya lalu ambil daging yang seperti jelly di dalamnya
3. Blender daging lidah buaya sampai benar-benar halus
4. Tuangkan pada wadah kemudian tambahkan minyak kelapa dan madu
5. Aduk ketiganya sampai tercampur merata
6. Aplikasikan masker pada rambut secara menyeluruh, khususnya pada bagian akar rambut dan kulit kepala
7. Gulung rambut dan diamkan selama 60 menit
8. Bilas menggunakan sampo serta kondisioner
9. Gunakan masker ini secara rutin 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bebas rontok.

@zuriaty_musa Tips utk rambut gugur dan bersinar selalu #rambutsihat #aloevera #tahukahanda - Mootiw Tiw

(brl/lea)

tags

STORIES