Jangan asal pilih, begini 7 cara memilih shampo antiketombe agar rambut lebih bersih

Jangan asal pilih, begini 7 cara memilih shampo antiketombe agar rambut lebih bersih

Brilio.net - Selain kerontokan, ketombe juga jadi salah satu permasalahan rambut yang dialami banyak orang. Munculnya ketombe pada dasar kulit kepala ini membuat sejumlah orang merasa tidak percaya diri. Selain menimbulkan rasa gatal, ketombe ini bisa mengganggu penampilan.

Hal ini lantaran serpihan ketombe yang berwarna putih sering jatuh ke permukaan baju, sehingga menganggu pemandangan. Apalagi, jika kamu memakai baju hitam. Munculnya ketombe ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya pertumbuhan sel kulit mati yang berlebih pada kulit kepala. Tak hanya itu, ketombe juga bisa disebabkan kulit kepala yang kering atau produksi minyak berlebihan.

Untuk mengatasi ketombe ini memiliki berbagai cara. Selain merawat kulit kepala menggunakan berbagai treatment keseharian, menjaga pola makan juga bisa jadi cara mencegah ketombe. Tidak hanya itu, kulit kepala yang berketombe juga bisa diatasi dengan cara lain, yaitu:

- Hindari penggunaan produk rambut yang berlebihan

Produk perawatan rambut seperti gel, hair spray, atau pomade dapat menyebabkan ketombe dan memperburuk kondisi ketombe yang sudah ada. Jadi hindari penggunaan produk rambut yang berlebihan dan hindari menggunakan produk rambut yang mengandung alkohol.

- Kurangi stres

Mengurangi stres dengan melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga, meditasi, atau pijat bisa membantu mengatasi ketombe. Pastikan kamu tidur cukup, makan makanan yang sehat, dan luangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu sukai.

- Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi ketombe. Minyak kelapa mengandung asam lemak medium chain yang dapat membantu membunuh jamur penyebab ketombe. Oleskan sedikit minyak kelapa pada kulit kepala, pijat lembut selama beberapa menit, dan biarkan sekitar 30 menit sebelum membilas dengan air hangat.

- Gunakan shampo antiketombe

Shampo antiketombe adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi ketombe. Shampo ini mengandung bahan-bahan seperti pyrithione seng atau selenium sulfida yang membantu mengurangi pembentukan ketombe. Gunakan shampo antiketombe setiap kali mencuci rambut. Pastikan untuk memijat kulit kepala secara lembut untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Nah, itulah cara mengatasi rambut berketombe yang bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah. Dari sekian banyak cara, menggunakan shampo antiketombe untuk merawat rambut jadi yang paling mudah. Meski begitu, terdapat beberapa cara memilih shampo antiketombe yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil yang optimal.

Lantas bagaimana caranya? Simak tujuh cara memilih shampo antiketombe, dilansir briliobeauty.net dari berbagai sumber pada Sabtu (18/3).

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES