Hitam merata tanpa rambut putih, ini cara mengurangi tumbuhnya uban prematur pakai 1 jenis biji-bijian

Hitam merata tanpa rambut putih, ini cara mengurangi tumbuhnya uban prematur pakai 1 jenis biji-bijian

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti unggahan dari pemilik akun TikTok @naturalselfcare pada 22 Mei 2021, yang berisi tentang cara mengurangi tumbuhnya uban prematur pakai 1 jenis biji-bijian. Biji-bijian yang dimaksud adalah flaxseed. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa dan yoghurt.

"Prevent premature greying (Mencegah uban prematur)," tulisnya sebagai keterangan video, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @naturalselfcare, Minggu (12/11).

Kurangi uban prematur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Flaxseed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, flaxseed ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan rambut lho. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 dan zat lignin. Ada pula kandungan lain seperti mangan, tembaga, vitamin B1 dan serat, fosfor, magnesium dan selenium. Beberapa kandungan itu lah yang membuat rambut sehat dan bebas uban.

Kandungan omega-3 di dalam flaxseed dipercaya mampu menghindari kulit kepala kering dan bersisik, serta menutrisi rambut dan meningkatkan elastisitas rambut, yang berarti mengurangi risiko rambut patah. Juga dapat mengurangi ketombe, eksim serta tumbuhnya uban prematur.

Minyak kelapa juga bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi tumbuhnya uban prematur lho. Pasalnya bahan yang satu ini mengandung polifenol yang bersifat antioksidan dan vitamin E. Kandungan itu bagus untuk regenerasi sel serta meningkatkan melanin rambut.

Asam lemak, vitamin, dan antioksidan di dalamnya bisa membantu mempertahankan kadar protein dan memberi asupan nutrisi untuk mencegah lunturnya melanin atau zat warna rambut.

Begitupun dengan yoghurt yang tak hanya memiliki manfaat untuk bikin kulit awet muda, tetapi juga mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Salah satunya adalah mengatasi dan mengurangi tumbuhnya uban prematur. Hal ini berkat kandungan asam laktat, antioksidan, dan vitamin yang dapat melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Sehingga rambut tumbuh lebih sehat dan uban juga dapat diminimalisir.

Kurangi uban prematur Berbagai sumber

foto: TikTok/@naturalselfcare

Dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat masker rambut yang efektif untuk mengurangi tumbuhnya uban prematur. Yuk, simak cara membuat dan mengaplikasikannya.

Bahan:

1. 1 Sendok teh minyak kelapa
2. 1 Sendok teh yoghurt plain
3. 1 Sendok teh bubuk flaxseed

Kurangi uban prematur Berbagai sumber

foto: TikTok/@naturalselfcare

Cara membuat dan pengaplikasian:

1. Blender flaxseed hingga menjadi bubuk
2. Campurkan minyak kelapa, yoghurt, dan flaxseed pada wadah
3. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
4. Aplikasikan pada bagian akar rambut dan kulit kepala secara menyeluruh
5. Gosok-gosok dan pijat dengan lembut agar masker lebih meresap
6. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas menggunakan sampo dan kondisioner
7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang hitam bebas uban.

@naturalselfcare Prevent premature greying #SageTellMe #O2HereComesBrighter #HAIRFOODHYPE #mask #hairmask #hairtransformation original sound - Sanj

(brl/far)

tags

STORIES